Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Kediri Dengan Langkah IDEAL Ditinjau Dari Kemandirian Belajar

Dewi, Primi Marita (2022) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Kediri Dengan Langkah IDEAL Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932300118_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932300118_bab1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
932300118_bab2.pdf

Download (404kB)
[img] Text
932300118_bab3.pdf

Download (355kB)
[img] Text
932300118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932300118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
932300118_bab6.pdf

Download (89kB)
[img] Text
932300118_daftarpustaka.pdf

Download (172kB)
[img] Text
932300118_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
932300118_suratpernyataan.pdf

Download (116kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah kemandirian belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI MAN 1 Kota Kediri dengan langkah IDEAL ditinjau dari kemandirian belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 3 MAN 1 Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis, lembar observasi kemandirian belajar, lembar angket kemandirian belajar, dan lembar wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data menurut Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 kategori kemampuan pemecahan masalah matematis siswa jika ditinjau dari kemandirian belajar yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Setiap siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang berbeda-beda dalam menyelesaikan soal limit fungsi dengan langkah IDEAL. Siswa berkemandirian belajar rendah dalam memecahkan masalah dengan langkah IDEAL memenuhi 2 indikator pemecahan masalah yakni indikator mengidentifikasi masalah dan menentukan tujuan. Siswa berkemandirian belajar sedang dan tinggi dalam memecahkan masalah dengan langkah IDEAL memenuhi keseluruhan indikator pemecahan masalah yakni indikator mengidentifikasi masalah, menentukan tujuan, mengeksplorasi strategi yang mungkin, mengantisipasi hasil dan bertindak, serta melihat kembali dan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Primi Marita Dewi
Date Deposited: 22 Jul 2022 06:27
Last Modified: 22 Jul 2022 06:27
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item