تأثير تطبيق وسيلة دوولينجو(duolingo) لترقية إتقان المفردات لدى الطلاب في الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٦ نجانجوع

Yazid, Ahmad (2022) تأثير تطبيق وسيلة دوولينجو(duolingo) لترقية إتقان المفردات لدى الطلاب في الفصل الثامن بمدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية ٦ نجانجوع. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932508318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932508318_bab1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
932508318_bab2.pdf

Download (799kB)
[img] Text
932508318_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB)
[img] Text
932508318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)
[img] Text
932508318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
932508318_bab6.pdf

Download (340kB)
[img] Text
932508318_daftarpustaka.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932508318_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi yazid.pdf

Download (273kB)

Abstract

ABSTRAK AHMAD YAZID, Dosen Pembimbing M. Syamsul Ma’arif, M.Pd.I dan Dr. M. Anang Firdus, M.Pd. I, Pengaruh Penerapan Media Duolingo Dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTsN 6 Nganjuk, Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2022. Kata kunci: Aplikasi Duolingo, Kosakata Bahasa Arab Bahasa arab, menurut para siswa di kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk merupakan salah satu mata pelajaran yang cukup menakutkan. Karena pelajaran ini cukup sulit untuk dipelajari apabila tanpa guru atau pendamping, serta dalam mempelajari bahasa arab harus perlahan – lahan tidak bisa dipelajari secara tergesagesa. Selain itu, peneliti juga melihat bahwa siswa merasa bosan dengan sistem hafalan mufrodat melalui membaca satu-persatu dari buku. Dengan aplikasi duolingo peneliti ingin melihat apakah terdapat peningkatan dalam penguasaan mufrodat siswa serta untuk melihat apakah pelajaran bahasa dengan menjadi lebih menyenangkan dan mudah dipelajari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah pre-experimental design atau pre-eksperimen, dan menggunakan model desain one group pre-test pos-test design. Teknik pengampilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dari penelitian adalah kelas VIII total 276, dengan sampel yang berjumlah 26 siswa dari kelas VIII-1. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Tes yaitu untuk pre-tes dan pos-tes. Pada penelitian menunjukan hasil bahwa aplikasi duolingo memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yaitu terdapat pengingkatan penguasaan kosakata bahassa arab di kelas VIII-1 MTsN 6 Nganjuk. Terlihat bahwa pre-test memiliki nilai rata-rata 74,7, dan post-test memiliki nilai rata-rata 97,5. Adapun menurut perhitungan uji-t menghasilkan nilai thitung t= 6,977 dimana jika dimasukan ke dalam dasar pengambilan keputusan maka t hitung > t tabel atau 9,718 > 2,060,. Selain itu juga terdapat terdapat nilai Sig.(2-tailed) yaitu 0,000. Yang artinya 0,00 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2005 Literary Studies > 200527 Arabic Literature (al-Adab al-‘Arabī) > 20052710 Tarikh al-Adab (History of Arabic Literature) - al-Adab al-Mu'ashir (Modern)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ahmad Yazid
Date Deposited: 24 Aug 2022 02:55
Last Modified: 24 Aug 2022 02:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item