Mu’id, Muhammad Jamalludin (2021) Konsep Belajar Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karya Syaikh Al Zarnuji Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Saat Ini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932132517_prabab.pdf Download (413kB) |
|
Text
932132517_bab1.pdf Download (362kB) |
|
Text
932132517_bab2.pdf Download (221kB) |
|
Text
932132517_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (781kB) |
|
Text
932132517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
|
Text
932132517_bab5.pdf Download (150kB) |
|
Text
932132517_daftarpustaka.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK MUHAMMAD JAMALLUDIN MU’ID, Dosen pembimbing Ninik Zuroidah, M.Si dan Eka Sulistyawati, M.Pd.: Konsep Belajar dalam Kitab Ta’lim Muta’allim karya Syaikh Al Zarnuji dan Relevansinya terhadap Pendidikan Islam Saat Ini, 2021. Kata kunci : Konsep Belajar, Kitab Ta’lim Muta’allim Belajar dan pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan dan merupakan dua hal yang saling berhubungan erat dan tidak bisa dipisahkan dalam pendidikan. Belajar dan pembelajaran dikatakan bentuk edukasi karena adanya interaksi antara pendidik dan peserta didik. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dalam hal ini diarahkan untuk mencapai suatu tujuan tertentu yang sudah dirumuskan sebelum pengajaran. Konsep belajar yang diajarkan Syaikh Al Zarnuji dalam kitab Ta’lim alMuta’allim bisa dijadikan acuan, dengan melihat kondisi sekarang dimana bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada posisi yang sangat mengkhawatirkan yaitu tentang krisis karakter dan moral sebagai anak bangsa. Untuk itu penulis ingin mengetahui dan mengkaji konsep belajar dalam kitab Ta’lim Muta’allim. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui konsep belajar peserta didik menurut kitab Ta`limul Muta`allim karya Syaikh Al Zarnuji. (2) Untuk mengetahui relevansinya konsep belajar dalam kitab Ta’limul Muta’allim karya Syaikh Al Zarnuji bagi pendidikan Islam saat ini. Metode penelitian yang digunakan penulis dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), sumber data primer adalah kitab Ta’limul Muta’alim dan sumber sekundernya adalah terjemah Ta’limul Muta’alim, jurnal, serta sumber-sumber lain yang bersangkutan dan relevan. Adapun teknis analisis data menggunakan metode deskriptif analisis dan metode content analisis. Kita bisa mengetahui dari analisis konsep belajar yang ada didalam kitab Ta’lim Muta’allim karya Al Zarnuji cukup banyak yang masih relevan dengan pendidikan Islam saat ini dan baik untuk diajarkan dan ditanamkan sejak dini yaitu: Niat dalam belajar, Ilmu yang wajib dipelajari, Memilih guru, Teguh dan sabar dalam belajar, Takawal, Menghormati ilmu dan ahli ilmu, Kontinuitas belajar dan mengulang pelajaran, Kualitas dan kuantitas pelajaran, Diskusi ilmiah, Pendalaman ilmu, Wara’. Kemudian relevansinya terhadap pendidikan Islam yaitu: Kurikulum, Tujuan, Peran Pendidik, Peran Peserta didik, dan Metode. Karena itu, konsep belajar dalam kitab Ta’limul Muta’alim ini telah menggali dan menghidupkan kembali nilai-nilai etika dalam proses pendidikan dan sekaligus menjadikannya sebagai dasar pembentukan akhlak dan landasan dalam mencapai tujuan pendidikan Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) > 22040301 Aqaid and Kalam (Aqaid dan Ilmu Kalam) > 2204030103 Scriptures (Kitab-Kitab Allah) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 08 Jul 2022 02:59 |
Last Modified: | 08 Jul 2022 02:59 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4917 |
Actions (login required)
View Item |