Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Ips 2 Di SMA Negeri 1 Puncu

Tias, Devita Risma Ayuning (2021) Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Ips 2 Di SMA Negeri 1 Puncu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932125817_prabab.pdf

Download (955kB)
[img] Text
932125817_bab1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
932125817_bab2.pdf

Download (449kB)
[img] Text
932125817_bab3.pdf

Download (548kB)
[img] Text
932125817_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
932125817_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932125817_bab6.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932125817_daftarpustaka.pdf

Download (430kB)
[img] Text
932125817_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK RISMA AYUNING TIAS, DEVITA. 2021. Evaluasi Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS 2 Di SMA Negeri 1 Puncu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. Iskandar Tsani, M.Ag. dan (2) Sufirmansyah, M.Pd.I. Kata Kunci: Evaluasi, Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, CIPP (context, input, process, product) Hasil belajar dapat diperoleh secara maksimal melalui suatu proses pembelajaran. Maka peneliti ini bertujuan untuk mengetahui 1) Bagaimana evaluasi Context pembelajaran daring, 2) Bagaimana evaluasi Input pembelajaran daring, 3) Bagaimana evaluasi Process pembelajaran daring, 4) Bagaimana evaluasi Product pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) menggunakan teori dari Stufflebeam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tiga data yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang sudah sesuai kemudian dilakukan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen 1) Context yakni Sekolah sudah paham terhadap pembelajaran daring. Ligelitas program pembelajaran daring Surat Edaran Nomer 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pendidikan dalam masa darurat Coronavirus Disease (Covid-19) dan diperkuat oleh Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah dalam masa darurat covid-19. Tujuan pembelajaran daring agar siswa tetap mendapatkan haknya dalam belajar. 2) Input yakni SDM kurang mendukung guru belum sepenuhnya menggunakan media yang telah disediakan sekolah dalam proses pembelajarannya dalam menjalankan program dan siswa sebagi pelaksana program. Sarana dan prasarana sangat mendukung pembelajaran. sumber dana diperoleh dari dana BOS dan 20% dari uang SPP yang dibayarkan siswa setiap bulan. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran adalah kurikulum 2013. 3) Process persiapan program pembelajaran daring guru menyusun RPP, Silabus, Prota, dan Promes. Pelaksanaan pembelajaran guru menggunakan RPP sebagai acuan dalam pembelajara dan guru menggunakan media WhatsApp dan Google Classrom dalam menyampaikan materi. Hambatan yang sering terjadi yaitu factor eksternal dan internal. 4) Product pelaksanan pembelajaran daring dinilai dari 4 aspek menunjukkan hasil yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 29 Jun 2022 02:12
Last Modified: 29 Jun 2022 02:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item