Studi Komparatif Antara Metode Pembelajaran Make A Match Dan Structured Dyadic Methods Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Nurul Islam Kota Kediri

Fitriya, Silvi Lilatul (2021) Studi Komparatif Antara Metode Pembelajaran Make A Match Dan Structured Dyadic Methods Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Nurul Islam Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932120917_prabab.pdf

Download (676kB)
[img] Text
932120917_bab1.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932120917_bab2.pdf

Download (116kB)
[img] Text
932120917_bab3.pdf

Download (157kB)
[img] Text
932120917_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
932120917_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
932120917_bab6.pdf

Download (63kB)
[img] Text
932120917_daftarpustaka.pdf

Download (103kB)
[img] Text
932120917_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK SILVI LAILATUL FITRIYA, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Anwar, M.Ag dan Mochammad Desta Pradana, M.Pd.: Studi Komparatif Antara Metode Pembelajaran Make A Match Dan Structured Dyadic Methods Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs Nurul Islam Kota Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri 2021. Kata kunci: Metode Make A Match, Metode Structured Dyadic Methods, Hasil Belajar, Fiqih Hasil belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor yang dibahas dalam penelitian ini adalah faktor eksternal yaitu metode pembelajaran. Pada suatu pembelajaran tentunya memerlukan metode agar materi dapat tersampaikan dan diterima oleh siswa dengan mudah serta mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Salah satunya pada pembelajaran Fiqih dapat menerapkan dengan beberapa metode-metode tertentu yang sesuai dengan materi pembahasan. Metode pembelajaran make a match adalah metode yang menuntun siswa untuk mencari pasangan sambil mempelajari suatu konsep atau topik tertentu. Sedangkan metode structure dyadic methods adalah metode pembelajaran dengan struktur berpasangan dimana siswa bekerjasama dalam kelompok yang terdiri dari dua siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experimental design dengan tipe nonequivalent control. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs Nurul Islam Kota Kediri yang terdiri dari VII A, VII B, dan VII C. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling yang memberikan peluang sama bagi setiap anggota populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling yaitu suatu teknik dalam pengambilan anggota dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Pada penelitian ini sampelnya adalah kelas VII A sebagai kelas menerapkan metode make a match dan kelas VII C sebagai kelas menerapkan metode structure dyadic methods dengan uji sampel independent t-test. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar mata pelajaran Fiqih siswa VII MTs. Nurul Islam Kota Kediri yang menerapkan metode make a match sebesar 84,62 lebih tinggi dibandingkan yang menerapkan metode structure dyadic methods sebesar 77,69. Hal ini dapat diperkuat dengan analisis statistic uji t atau t-test of independent hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Fiqih antara metode make a match dan metode structured dyadic methods dengan nilai signifikansi 2 arah (t-tailed) 0,002 < 0,05. Sehingga dapat terlihat bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas yang menerapkan metode make a match dengan metode structure dyadic methods.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:42
Last Modified: 23 Jun 2022 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item