Studi Komparasi Metode Demonstrasi Dan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIIB MTs Sunan Gunung Jati

Hasanah, Itsnayni (2021) Studi Komparasi Metode Demonstrasi Dan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIIB MTs Sunan Gunung Jati. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932110516_prabab.pdf

Download (409kB)
[img] Text
932110516_bab1.pdf

Download (348kB)
[img] Text
932110516_bab2.pdf

Download (439kB)
[img] Text
932110516_bab3.pdf

Download (465kB)
[img] Text
932110516_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
932110516_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
932110516_bab6.pdf

Download (104kB)
[img] Text
932110516_daftarpustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text
932110516_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

ABSTRAK ITSNAYNI HASANAH, 2021.Studi Komparasi Metode Demonstrasi dan Metode Ceramah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIBI MTs Sunan Gunung Jati., Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing: (1) Ninik Zuroidah, M.Sidan (2) Novi Rosita Rahmawati, M.Pd Kata Kunci:Ceramah,Demonstrasi,Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya hasil belajar pada mata pelajaran Fikih, karena dianggap mata pelajaran yang membosankan bagi siswa. Dalam hal ini, guru memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, yakni model ceramah dan model demonstrasi. Studi komparasi penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah dan demonstrasi, dan adakah perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan metode ceramah dan demosntrasi pada mata pelajaran Fikih pada kelas VIIB pada MTs Sunan Gunung Jati Oleh karena itu dalam penelitian ini memiliki 3 Rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran Fikih?, (2) Bagaimana hasil belajar siswa menggunakan metode Ceramah pada mata pelajaran Fiqh?dan (3) apakah terdapat perbedaan hasil belajar Siswa menggunakan metode demonstrasi dan metode ceramah?Permasalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode demonstrasi dan ceramah dan Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan demonstrasi dan ceramah. Bentuk pendekatan ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian komparatif (perbandingan). Populasi penelitian ini adalah 188 siswa dan jumlah sampel sebesar 24 siswa dari satu kelas yaitu kelas VII B. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian dihitung dengan Ms.Excel dan analisis data statistik dihitung dengan software SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar menggunakan metode ceramah sebesar 50 di Pretest dan 89,37 di Post Test dan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran demonstrasi sebesar 45.20 di Pretest dan 89,37 di Post Test. Sedangkan hasil signifikansi (2 tailed) sebesar 0,349 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar belajar siswa antara pengguna model pembelajaran demonstrasi dan ceramah pada mata pelajaran Fikih di kelas VIIB di MTs Sunan Gunung Jati. Jadi dapat disimpulkan bahwasannya terdapat signifikan antara keduanya (demonstrasi dan ceramah) bahwasannya dengan adanya metode demonstrasi dan ceramah ini sangat membantu siswa dalam proses pembelajaran berlangsung, karena siswa tidak merasa bosan ketika memahami apa yang diajarkan oleh guru. Dengan begitu siswa dapat memperoleh hasil belajar yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 20 Jun 2022 02:04
Last Modified: 20 Jun 2022 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4736

Actions (login required)

View Item View Item