Astutik, Indah Fuji (2021) Pengaruh Media E-Learning Dan Google Classroom Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Srengat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932109517_prabab.pdf Download (448kB) |
|
Text
932109517_bab1.pdf Download (330kB) |
|
Text
932109517_bab2.pdf Download (406kB) |
|
Text
932109517_bab3.pdf Download (393kB) |
|
Text
932109517_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (708kB) |
|
Text
932109517_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
|
Text
932109517_bab6.pdf Download (268kB) |
|
Text
932109517_daftarpustaka.pdf Download (236kB) |
|
Text
932109517_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (792kB) |
Abstract
ABSTRAK INDAH FUJI ASTUTIK, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Nurul Ahsin, S.Pd, M.Pd.I: pengaruh media e-learning dan google classroom terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII di SMPN 1 Srengat. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIN Kediri 2021. Kata Kunci: Media e-learning, Media google classroom, Prestasi Belajar PAI Media pembelajaran termasuk faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa. Jika media pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran daring dapat menarik perhatian peserta didik, maka dapat meningkatkan minat belajar yang tinggi sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berdasarkan uraian tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Srengat; 2) Untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMPN 1 Srengat; 3) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran elearning pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Srengat; 4) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Srengat; 5) Untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran e-learning dan google classroom pada mata pelajaran pendidikan agama islam terhadap prestasi belajar siswa di SMPN 1 Srengat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpul data pada penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Srengat yang berjumlah 319 siswa dengan sampel sebanyak 159 siswa menggunakan teknik random sampling. Analisis data statistik menggunakan regresi linear ganda dengan bantuan program IBM SPSS for windows (Statistic for Social Science) Statistic versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Hasil tanggapan peserta didik mengenai pemanfaatan media pembelajaran e-learning termasuk dalam rentang kategori sangat setuju; 2) Hasil tanggapan peserta didik mengenai pemanfaatan media pembelajaran google classroom memiliki termasuk dalam rentang kategori netral; 3) Pengaruh media e-learning terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII sebesar 2,3%; 4) Pengaruh media google classroom terhadap prestasi belajar mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII sebesar 1,1%; 5) Pengaruh media e-learning (X1) dan google classroom (X2) terhadap prestasi belajar (Y) mata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII sebesar 1,3%.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 17 Jun 2022 03:07 |
Last Modified: | 17 Jun 2022 03:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4714 |
Actions (login required)
View Item |