Strategi Public Relations Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Menjadi Donatur Di Upzisnu Pacar Peluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Ditinjau Dari Ekonomi Islam

Fuadi, Moh. Choirul (2021) Strategi Public Relations Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Menjadi Donatur Di Upzisnu Pacar Peluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931348315_prabab.pdf

Download (475kB)
[img] Text
931348315_bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
931348315_bab2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
931348315_bab3.pdf

Download (179kB)
[img] Text
931348315_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
931348315_daftarpustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
931348315_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK MOH. CHOIRUL FUADI, Dosen Pembimbing : Dr. H. Ahmad Syakur, Lc.,M.EI. dan Faridatul Fitriyah, M. Sy: Strategi Public Relations Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Menjadi Donatur Di UPZISNU Pacarpeluk Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang Ditinjau Dari Ekonomi Islam Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci : Strategi Public Relations, Kepercayaan Masyarakat, UPZISNU Pacarpeluk Jombang. UPZISNU Pacarpeluk merupakan salah satu lembaga pengelolaan ZIS yang berada di Kabupaten Jombang. Dalam era saat ini banyak bermunculan lembaga pengelolaan ZIS yang bersaing untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Berbagai cara dan upaya yang mereka lakukan agar terus maju dan berkembang. Untuk menghadapi persaingan tentunya diperlukan strategi yang terbaik, berbagai inovasi kreatif serta program-program yang tepat. Dalam hal tersebut, UPZISNU Pacarpeluk menggunakan strategi public relations untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, untuk mendapatkan data peneliti menerapkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Alat pengumpul data ini lebih bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang starategi public relations yang diterapkan UPZISNU Pacarpeluk Jombang. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data (display) dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan tekhnik, yaitu : 1 ketekunan pengamatan, 2 trianggulasi, 3 member check. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa : 1. Strategi public relations yang dilakukan oleh UPZISNU Pacarpeluk Jombang dalam membangun kepercayaan masyarakat menjadi donatur adalah, membangun dan membina komunikasi yang baik dengan masyarakat. Selanjutnya UPZISNU Pacarpeluk Jombang tlaten dan gencar melakukan sosialisasi. Dengan gencar melakukan sosialisasi baik secara langsung maupun melalui media online, UPZSINU Pacarpeluk beserta program dan kegiatannya lebih dikenal di masyarakat. Meningkatkan pelayanan, donatur dan calon donatur bisa memberikan zakat atau infaknya secara langsung maupun tidak langsung, seperti layanan jemput zakat ke rumah ataupun bisa transfer melalui rekening bank. Strategi selanjutnya yaitu menjalin kerjasama dengan pemerintah, tokoh masyarakat, dan klinik kesehatan almadina. 2. Strategi public relations yang diterapkan oleh UPZISNU Pacarpeluk Jombang dalam membangun kepercayaan masyarakat menjadi donatur juga memperhatikan norma atau nilai-nilai dalam ekonomi bisnis Islam. Seperti jujur, amanah, komunikatif, sopan santun, memberi contoh atau suri teladan, cerdas dan kreatif, responsif, menjalin kerjasama yang saling menguntungkan (mutualisme), menggunakan perkataan yang baik (qoulan ma’rufa), komunikasi yang efektif (qoulan baligha), dan transparansi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:11
Last Modified: 13 Jun 2022 02:11
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item