Azizah, Binti Nur (2019) Upaya Guru Pendamping Khusus (GPK) Di Kelas Inklusi Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Di SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118815_prabab.pdf Download (707kB) |
|
Text
932118815_bab1.pdf Download (604kB) |
|
Text
932118815_bab2.pdf Download (599kB) |
|
Text
932118815_bab3.pdf Download (384kB) |
|
Text
932118815_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932118815_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
|
Text
932118815_bab6.pdf Download (198kB) |
|
Text
932118815_daftarpustaka.pdf Download (421kB) |
|
Text
932118815_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
932118815_suratpernyataan.pdf Download (394kB) |
Abstract
Kata Kunci : GPK, Kemandirian, Anak Tunagrahita Anak berkebutuhan khusus memiliki hak yang sama dengan anak yang normal lainya dalam segala aspek kehidupan. Dengan ini maka pemerintah mendirikan sekolah inklusif. Dalam kebutuhan khusus anak tunagrahita adalah kemandiran dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mencapai suatu kemandirian, ATGS memerlukan latihan dan bimbingan yang memerlukan kesungguhan dan waktu yang lama. Upaya itu perlu adanya Strategi Guru Pendamping Khusus. Berkenaan dengan konteks penelitian tersebut, fokus penelitian yang peneliti ajukan adalah bagaimana upaya Guru Pendamping Khusus dikelas inklusi dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung serta apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya GPK dikelas inklusi dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita dikelas di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data direduksi berdasarkan fokus penelitian, dilanjutkan dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam mengecek keabsahan data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya GPK dikelas inklusi dalam meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SMP ISLAM AL-AZHAAR Tulungagung, yaitu: 1) Upaya GPK dalam meningkatkan kemandirian anak tungrahita melalui pelatihan ketrampilan, dan melalui pemberian motivasi. 2) Faktor pendukung dalam upaya GPK meningkatkan kemandirian anak tunagrahita adalah adanya kolaborasi GPK dengan orang tua dan kolaborasi GPK dengan wali kelas. Adapun Faktor penghambat dalam upaya GPK meningkatkan kemandirian anak tunagrahita adalah keterbatsan kemampuan, pembawaan dari anak tunagrahita, orang tua yang tidak peduli dengan perkembangan anaknya, kurangnya tenaga GPK.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Binti Nur Azizah |
Date Deposited: | 10 Jun 2022 08:29 |
Last Modified: | 10 Jun 2022 08:29 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4637 |
Actions (login required)
View Item |