فعالية تطبيق طريقة تعلم اللغة من خالل اإلرشاد تنمية قدرة طالب مبهارة الكالم يف املدرسة الثانوية منبع احلكمة مبعهد كدوجنان اإلسالمي للفصل الثامن للعام املدرسي ٢٠٢٠-٢٠٢١

Rofiq, Ainu (2021) فعالية تطبيق طريقة تعلم اللغة من خالل اإلرشاد تنمية قدرة طالب مبهارة الكالم يف املدرسة الثانوية منبع احلكمة مبعهد كدوجنان اإلسالمي للفصل الثامن للعام املدرسي ٢٠٢٠-٢٠٢١. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933402717_prabab.pdf

Download (542kB)
[img] Text
933402717_bab1.pdf

Download (388kB)
[img] Text
933402717_bab2.pdf

Download (388kB)
[img] Text
933402717_bab3.pdf

Download (420kB)
[img] Text
933402717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text
933402717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
933402717_bab6.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933402717_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
933402717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
933402717_suratpertanyaan.pdf

Download (392kB)

Abstract

ABSTRAK Ainu Rofiq (932507115). “Efektivitas Penerapan Metode CLM (Counseling Learning Methods) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa MTs Manba’ul Hikmah Kelas VIII Tahun Ajaran 2020-2021”. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah ، Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Pembimbing (1) Ahmad Sholihuddin, M.Pd. dan Pembimbing (2) Dr. Yuyun Zunairoh, M. Pd. Kata Kunci : Metode CLM (Counseling Learning Methods), Kemampuan Berbicara Pembelajaran Bahasa Arab bertujuan agar peserta didik mampu mengusai 4 (empat) keterampilan (maharah/skill) bahasa. Untuk memperoleh ke-empat keterampilan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pendidik, salah satu diantaranya yang menurut penulis penting adalah metode mengajar. Salah satunya yaitu Metode CLM (Counseling Learning Methods). Sebagai sebuah instansi pendidikan yang menaruh perhatian dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa arab, Madrasah Tsanawiyah Manba’ul Hikmah perlu mengembangkan metodologi dalam pembelajaran Bahasa arab khususnya dalam pembelajaran Keterampilan berbicara (maharah al-kalam). Untuk itu dianggap perlu adanya penelitian metodologi pembelajaran Keterampilan Berbicara (Maharah Kalam) dengan menggunakan metode CLM (Counseling Learning Methods) ini. Dalam penelitian ini, fokus masalah yang diambil oleh peneliti adalah: (1) Bagaimana Penerapan Metode CLM (Counseling Learning Methods) Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah al-Kalam Siswa MTs Manba’ul Hikmah Kelas VIII Tahun Ajaran 2020-2021? (2) Bagaimana Efektivitas Penerapan Metode CLM (Counseling Learning Methods) Untuk Meningkatkan Kemampuan Maharah al-Kalam Siswa MTs Manba’ul Hikmah Kelas VIII Tahun Ajaran 2020-2021? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pre-exsperimental. Populasi penelitian ini berasal dari kelas VIII MTs Manba’ul Hikmah tahun ajaran 2020-2021, dan adapun sampelnya yaitu kelas VIII A dan B. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Kemudian data di analisis menggunakan t-test. Adapun hasil pengujian hipotesis menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode counseling learning method terhadap keterampilan berbicara, dimana nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dan t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa H 0 ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, penggunaan metode CLM (Counseling Learning Methods) dalam pembelajaran bahasa arab siswa MTs Manba’ul Hikmah kelas VIII Tahun Ajaran 2020-2021 lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan metode CLM (Counseling Learning Methods) dan metode ini 9,2% lebih efektif dibandingkan dengan metode Suggestopedia Method.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 06 Jun 2022 08:25
Last Modified: 06 Jun 2022 08:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4592

Actions (login required)

View Item View Item