Lestari, Dewi Tri (2021) Analisis strategi pemasaran pada UMKM di era revolusi industri 4.0 dalam perspektif marketing syariah (studi kasus Batik Wecono Asri Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931315917_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931315917_bab1.pdf Download (535kB) |
|
Text
931315917_bab2.pdf Download (616kB) |
|
Text
931315917_bab3.pdf Download (209kB) |
|
Text
931315917_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
931315917_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text
931315917_bab6.pdf Download (193kB) |
|
Text
931315917_daftarpustaka.pdf Download (403kB) |
|
Text
931315917_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
931315917_suratpernyataan.pdf Download (428kB) |
Abstract
DEWI TRI LESTARI, Dosen Pembimbing Sri Anugrah Natalina, SE, MM dan Choiril Anam, MEI, Analisis Strategi Pemasaran pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Batik Wecono Asri Kota Kediri), Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Batik Wecono Asri, Strategi Pemasaran, Industri 4.0, Marketing SyariahDEWI TRI LESTARI, Dosen Pembimbing Sri Anugrah Natalina, SE, MM dan Choiril Anam, MEI, Analisis Strategi Pemasaran pada UMKM di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus Batik Wecono Asri Kota Kediri), Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2021. Kata Kunci: Batik Wecono Asri, Strategi Pemasaran, Industri 4.0, Marketing Syariah Bisnis fashion menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat saat ini. Seperti yang dilakukan oleh usaha Batik Wecono Asri. Produk yang dihasilkan berupa kain batik dengan jenis batik seperti batik tulis, cap, kombinasi, printing dan jumput. Dalam mengembangkan bisnisnya, Batik Wecono Asri menerapkan strategi pemasaran era industri 4.0 (Marketing 4.0) yaitu co-creation, currency, communal activation dan conversation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Batik Wecono Asri di era revolusi industri 4.0 dan untuk mengetahui strategi pemasaran Batik Wecono Asri di era industri 4.0 dalam perspektif marketing syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data oleh penulis dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Batik Wecono Asri sudah memenuhi unsur-unsur strategi marketing 4.0 antarlain Co-creation, Currency, Communal Activation, dan Conversation. Pemasaran yang dilakukan oleh Batik Wecono Asri juga telah memenuhi konsep pemasaran 7P Wilson yaitu Pragmatism, Palliation, Peer-support, Pedagogy, Persistence, Patience, dan yang terakhir Pertience namun belum terpenuhi secara maksimal. Strategi pemasaran pada usaha Batik Wecono Asri telah memenuhi ketentuan marketing syariah yaitu dilihat dari karakter Teistis (Rabbaniyah), karakter Realistis (Al Waqi’iyyah), karakter Etis (Akhlakiyyah) dan karakter Humanistis (Al Insaniyyah). Namun karakter Etis (Akhlakiyyah) dan karakter Humanistis (Al Insaniyyah) belum terpenuhi secara maksimal, karena belum transparan dalam promosi online seperti mencantumkan harga produk, detail pembuatan dan cara pemakaian produk. Bisnis fashion menjadi peluang bisnis yang menguntungkan bagi masyarakat saat ini. Seperti yang dilakukan oleh usaha Batik Wecono Asri. Produk yang dihasilkan berupa kain batik dengan jenis batik seperti batik tulis, cap, kombinasi, printing dan jumput. Dalam mengembangkan bisnisnya, Batik Wecono Asri menerapkan strategi pemasaran era industri 4.0 (Marketing 4.0) yaitu co-creation, currency, communal activation dan conversation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran Batik Wecono Asri di era revolusi industri 4.0 dan untuk mengetahui strategi pemasaran Batik Wecono Asri di era industri 4.0 dalam perspektif marketing syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data oleh penulis dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Batik Wecono Asri sudah memenuhi unsur-unsur strategi marketing 4.0 antarlain Co-creation, Currency, Communal Activation, dan Conversation. Pemasaran yang dilakukan oleh Batik Wecono Asri juga telah memenuhi konsep pemasaran 7P Wilson yaitu Pragmatism, Palliation, Peer-support, Pedagogy, Persistence, Patience, dan yang terakhir Pertience namun belum terpenuhi secara maksimal. Strategi pemasaran pada usaha Batik Wecono Asri telah memenuhi ketentuan marketing syariah yaitu dilihat dari karakter Teistis (Rabbaniyah), karakter Realistis (Al Waqi’iyyah), karakter Etis (Akhlakiyyah) dan karakter Humanistis (Al Insaniyyah). Namun karakter Etis (Akhlakiyyah) dan karakter Humanistis (Al Insaniyyah) belum terpenuhi secara maksimal, karena belum transparan dalam promosi online seperti mencantumkan harga produk, detail pembuatan dan cara pemakaian produk.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dewi Tri Lestari |
Date Deposited: | 02 Jun 2022 03:02 |
Last Modified: | 02 Jun 2022 03:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4530 |
Actions (login required)
View Item |