Pengembangan Media Web Learning Management System Berbasis Moodle Dalam Flipped Classroom Sebagai Transformasi Digital Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Di Era Normal Baru

Rahmayanti, Risma Nur (2021) Pengembangan Media Web Learning Management System Berbasis Moodle Dalam Flipped Classroom Sebagai Transformasi Digital Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam Di Era Normal Baru. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932100517_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100517_bab1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
932100517_bab2.pdf

Download (206kB)
[img] Text
932100517_bab3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932100517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932100517_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
932100517_bab6.pdf

Download (151kB)
[img] Text
932100517_daftar_pustaka.pdf

Download (7MB)
[img] Text
932100517_suratpernyataan.pdf

Download (427kB)

Abstract

ABSTRAK RISMA NUR RAHMAYANTI, 2021. Pengembangan Media Web Learning Management System Berbasis Moodle dalam Flipped Classroom Sebagai Transformasi Digital Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam di Era Normal Baru, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Dr. H. Ali Anwar, M.Ag dan (2) Mukhammad Luqman Hakim, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Moodle, Pendidikan Agama Islam Kemajuan teknologi dan informasi di era disrupsi telah memengaruhi paradigma baru dari segi learning material dan learning method. Sejalan dengan itu, seluruh negara di dunia termasuk Indonesia dihadapkan pada fenomena dramatis yakni mewabahnya Covid-19. New normal merupakan transisi sikap dalam menjalankan keseharian normal namun dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan. Dalam konteks pendidikan secara global, adaptasi ini tentu menimbulkan keterkejutan budaya karena dituntut dinamis terhadap perubahannya. Melalui gerakan misi penyelamatan, dengan memilih teknologi pendidikan dan strategi yang tepat, maka diperlukan suatu pengelolaan sistem pembelajaran melalui learning management system salah satunya berbasis Moodle. Oleh karena perkembangan LMS Moodle relatif baru, maka perlu konvergensi pembelajaran synchronous dengan asynchronous untuk melengkapi satu sama lain. Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di SMAN 1 Papar, keterbatasan durasi waktu dan metode pembelajaran tatap muka juga turut menjadi problematika krusial di era normal baru sehingga berdampak pada proses pembelajaran yang berpusat pada pendidik dan kurang melibatkan peran aktif peserta didik. Agar tujuan pembelajaran pendidikan agama Islam dapat tercapaikan, maka keberhasilan ini akan menjadi efektif dan efisien apabila diintegrasikan dengan model pembelajaran flipped classroom. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pengembangan media web learning management system berbasis Moodle dalam flipped classroom sebagai transformasi digital pembelajaran jarak jauh pendidikan agama Islam di era normal baru serta mendeskripsikan kualitas dari produk media yang dikembangkan. Penelitian dengan metode Research and Development (R&D) model Dick and Carey ini menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif yang dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif serta disajikan dalam persentase kelayakan terhadap kategori dari skala interval penilaian yang ditentukan. Hasil penilaian berdasarkan validasi ahli materi menunjukkan persentase kelayakan 100%, validasi ahli media 94,84%, dan validasi ahli desain 100%. Sedangkan hasil kuesioner penilaian siswa terhadap media LMS Moodle, menunjukkan persentase 91,4% untuk uji coba kelompok kecil dan 77,1% untuk uji coba kelompok besar. Hasil penelitian tersebut dapat dikategorikan berhasil dalam pengujiannya sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa produk LMS Moodle ini layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Risma Nur Rahmayanti
Date Deposited: 27 Apr 2022 04:33
Last Modified: 28 Apr 2022 01:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item View Item