تحليل الكتاب املدرسي للغة العربية للفصل السابع لوزارة الشؤون الدينية ألّفه فاروق حبار الدين سنة .٢.٢

Azizah, Cindy Putri Nur (2021) تحليل الكتاب املدرسي للغة العربية للفصل السابع لوزارة الشؤون الدينية ألّفه فاروق حبار الدين سنة .٢.٢. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932500717_prabab.pdf

Download (504kB)
[img] Text
932500717_bab1.pdf

Download (418kB)
[img] Text
932500717_bab2.pdf

Download (175kB)
[img] Text
932500717_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932500717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932500717_bab5.pdf

Download (130kB)
[img] Text
932500717_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
932500717_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)

Abstract

Buku ajar Bahasa Arab harus disusun sebaik mungkin dan harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Akan tetapi faktanya masih banyak dijumpai buku ajar Bahasa arab yang pemaparan materinya terdapat beberapa kesalahan. Seperti pada ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Karya Faruq Baharudin Terbitan Kemenag Tahun 2020 yang saat ini menjadi pegangan siswa maupun guru dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam buku ajar tersebut masih ditemui adanya latihan soal yang kurang sesuai dengan jawabannya dan adanya ketidaksesuaian antara materi atau konteks pembahasan dengan ilustrasi (gambar) yang disajikan. Maka dari itu, sangatlah penting mengetahui suatu kualitas dan kelayakan materi ajar dalam sebuah buku ajar. Sehingga untuk mengetahui aspekaspek apa saja yang menentukan kualitas sebuah buku ajar, William Francis Mackey memaparkan 4 aspek untuk melihat kelayakan suatu buku ajar diantaranya seleksi (pemilihan materi), gradasi (pengurutan), presentasi dan repetisi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku ajar Bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Kelas VII Karya Faruq Baharudin Terbitan Kemenag Tahun 2020 ditinjau dari Seleksi, Gradasi, Presentasi, Repitisi dari segi pemaparan materi. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan dengan menggunakan buku Buku Ajar Bahasa Arab Kelas 7 MTs Terbitan Kemenag Karangan Faruq Baharuddin Tahun 2020 sebagai data primer dan buku-buku, dokumen, jurnal dan lainnya yang dapat menunjang penelitian ini baik yang bersifat cetak maupun elektronik sebagai data sekunder. dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan teknik analisis data versi Miles dan Huberman Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) pemilihan mufrodat dalam buku ini ialah yang dekat dengan kehidupan seharihari siswa, penyajian mufrodat dengan menggunakan gambar yang menarik, penyajian materi dalam buku ini dihiasi dengan banyak warna, buku ini menggunakan Bahasa Arab fusha dan Bahasa Indonesia, materi dalam buku ini menggunakan pendekatan pedagogi genre. (2) seleksi materi buku ini sudah memenuhi ke empat aspek seleksi beserta tingkat linguistik yaitu: seleksi kata, seleksi struktur dan seleksi teks. Kecuali satu yaitu tidak terdapat jawaban dari pertanyaan “mengapa seleksi ini dilakukan?”. Gradasi materi dalam buku ini telah memenuhi aspek pengelompokkan dan pengurutan berdasarkan psikologi belajar. (3) penyajian materi dalam buku ini juga terdapat empat aspek menurut Mackey. Repitisi materi dalam buku ini juga telah memenuhi ke empat maharah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Bina' al-Manhaj (Curriculum Design)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:31
Last Modified: 21 Apr 2022 02:31
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4292

Actions (login required)

View Item View Item