Fatimah, Farida (2022) Pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap burnout akademik siswa kelas v MI di Kecamatan Purwoasri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933416017_prabab.pdf Download (870kB) |
|
Text
933416017_bab1.pdf Download (556kB) |
|
Text
933416017_bab2.pdf Download (478kB) |
|
Text
933416017_bab3.pdf Download (440kB) |
|
Text
933416017_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (453kB) |
|
Text
933416017_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
|
Text
933416017_bab6.pdf Download (9kB) |
|
Text
933416017_daftarpustaka.pdf Download (238kB) |
|
Text
933416017_lampiran.pdf Download (1MB) |
|
Text
933416017_suratpernyataanpublikasi.pdf Download (591kB) |
Abstract
FARIDA FATIMAH. Dosen Pembimbing Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi dan Shofi Mirwani, M.Psi, Psikolog: Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Burnout Akademik Siswa Kelas V MI di Kecamatan Purwoasri. Skripsi, Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2022. Kata Kunci : Dukungan Sosial Keluarga, Burnout Akademik Burnout akademik merupakan salah satu hambatan yang dialami siswa dalam proses belajar. Burnout akademik adalah kondisi yang dirasakan individu yang mengacu pada perasaan lelah karena tuntutan studi, memiliki sikap sinis terhadap tugas-tugas perkuliahan, dan perasaan tidak kompeten sebagai pelajar. Terdapat banyak faktor penyebab seseorang mengalami burnout akademik, salah satunya adalah minimnya dukungan sosial dari keluarga sekitar. Dukungan sosial keluarga adalah keberfungsian dari keempat jenis dukungan yakni dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi, dan dukungan penghargaan, dimana dukungan sosial ini diperoleh individu dari keluarga. Burnout akademik bisa memberikan dampak negatif pada proses belajar anak. Maka dari itu, pentingnya dukungan sosial dari keluarga untuk anak akan mampu mengurangi tingkat kecenderungan burnout akademik yang dirasakan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap burnout akademik siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI di Kecamatan Purwoasri sebanyak 108 siswa. Sampel yang digunakan adalah seluruh populasi. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah dengan menyebarkan angket. Instrumen penelitian menggunakan angket dukungan sosial keluarga menurut House didapatkan dari adaptasi yang dilakukan oleh Nurhidayati dan Nurdibyanandaru. Angket burnout akademik menurut Schaufeli didapatkan dari adaptasi yang dilakukan oleh Cam dan Ogulmus. Peneliti menganalisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menyatakan bahwa nilai mean dari dukungan sosial keluarga adalah 113,77 yang berada pada kategori sedang. Dan nilai mean dari burnout akademik adalah 82,10 yang berada pada kategori rendah. Terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga terhadap burnout akademik. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data regresi linier sederhana menunjukkan bahwa besar pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap burnout akademik adalah -0,538 artinya jika dukungan sosial keluarga meningkat maka tingkat burnout akademik akan menurun. Besar sumbangan pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap burnout akademik adalah 39%. Dari hasil analisis data ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Farida Fatimah |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 05:37 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 05:37 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4277 |
Actions (login required)
View Item |