Pesan Dakwah Dalam Film Upin Dan Ipin Musim Kedua (Episode 7-18)

Hanisah, Siti Nur (2021) Pesan Dakwah Dalam Film Upin Dan Ipin Musim Kedua (Episode 7-18). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933500517_prabab.pdf

Download (486kB)
[img] Text
933500517_bab1.pdf

Download (679kB)
[img] Text
933500517_bab2.pdf

Download (626kB)
[img] Text
933500517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB)
[img] Text
933500517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (888kB)
[img] Text
933500517_bab5.pdf

Download (306kB)
[img] Text
933500517_daftarpustaka.pdf

Download (608kB)
[img] Text
933500517_suratpernyataan.pdf

Download (391kB)

Abstract

Upin dan Ipin merupakan tokoh utama dalam film animasi anak-anak yang bergenre komedi petualang yang diproduksi oleh Les’ Copaque. Pengemasan cerita yang sederhana, dengan berlatarkan suasana perkampungan melayu Malaysia yang bernama “Durian runtuh”, membuat animasi ini cukup popular hingga ke Indonesia. Pada penelitian ini, peneliti meneliti Makna Tanda dan Pesan Dakwah pada Film Upin dan Ipin Musim Kedua (Episode 7-18). Fokus penelitian ini mengenai bagaimana makna tanda yang digunakan dan pesan dakwah dalam film Upin dan Ipin Musim Kedua (Episode 7-18). Episode ini terdiri dari beberapa judul yaitu: Taman Kanak-kanak (Tadika), Bulan Baru (Anak Bulan), Adat (Kebiasaan), Rakus(Tamak), Lailatul Qodr, Kisah & Teladan, sayang Kak Ros, Ketupat , Zakat Fitrah, Malam Tenang (Malam Syahdu), (Pagi Raya), dan Berkat. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film Upin dan Ipin musim kedua, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, majalah, dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah pengamatan dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan semiotika model Roland Barthes, dengan pendekatan kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah makna tanda yang digunakan dengan model semiotika Roland Barthes dan Pesan Dakwah. Hasil makna tanda tersebut tentang mengatai, makan bersama, ekspresi penik, memberi uang, mengingatkan, khawatir, meminta, membantu, bercerita, pergi sholat, bersalaman dan makan bersama. Pesan dakwah yang terkandung meliputi akidah, akhlak dan syariah, yang berfokus pada episode 7-18. Mengandung Akidah yang disampaikan dalam film ini adalah tentang Iman Kepada Allah, Iman kepada Malaikat Allah, Iman kepada Kitab Allah, Iman kepada Rasul-Rasul Allah, Iman Kepada Kada dan Kadar. Pesan dakwah syariah yang disampaikan adalah tentang ibadah, yakni perintah berpuasa, motivasi puasa dan mendengarkan bacaan al-Qur’an. Pesan dakwah akhlak yang disampaikan pada film ini adalah tentang akhlak mahmudah yang saling mengingatkan serta menasehati, toleransi dan sopan santun.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Nur Hanisah
Date Deposited: 14 Apr 2022 05:56
Last Modified: 14 Apr 2022 05:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item