Gambaran Locus Of Control Pada Shadow Teacher Sdit Bina Insani Kabupaten Kediri

Fitri, Nisa' Nur (2021) Gambaran Locus Of Control Pada Shadow Teacher Sdit Bina Insani Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933404014_prabab.pdf

Download (617kB)
[img] Text
933404014_bab1.pdf

Download (240kB)
[img] Text
933404014_bab2.pdf

Download (186kB)
[img] Text
933404014_bab3.pdf

Download (109kB)
[img] Text
933404014_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
933404014_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
933404014_bab6.pdf

Download (31kB)
[img] Text
933404014_daftarpustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
933404014_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan merupakan usaha sadar untuk mewujudkan dan mengembangkan potensi manusia. Dalam suatu pembelajaran tentu ada kendala yang dialami baik dari siswa, guru, atau yang lainnya. Anak yang terlahir dalam kondisi mental maupun fisik yang tidak normal perlu diberikan pendidikan khusus agar kemampuan yang dimiliki anak tersebut dapat berkembang dengan baik. Tenaga pendidik atau guru yang mengajar ABK disamping harus memiliki kompetensi umum guru reguler, juga harus memiliki kompetensi guru pendamping khusus, salah satunya yaitu kompetensi kepribadian, pribadi guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pendidikan, khususnya dalam kegiatan pembelajaran. Pribadi guru juga sangat berperan dalam membentuk pribadi siswa. Dalam hal ini sangat diperlukan locus of control pada shadow teacher. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan empat subjek shadow teacher di SDIT Bina Insani kabupaten Kediri. Teknik pengambilan data pada penelitian ini, menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keempat subjek memiliki faktor yang mempengaruhi bermacam-macam, yaitu: rasa empati, kerjasama tim, orang tua yang kooperatif, sarana dan prasarana, serta menambah pengalaman. Hal tersebut dapat terjadi karena pola kebiasaan potensi perilaku dari keempat subyek bermacam yaitu berawal dari untuk bekerja belum berpengalaman dalam menangani ABK, pembelajaran siswa sesuai dengan kebutuhan tidak menyulitkan shadow teacher maupun anak berkebutuhan khusus maupun orang tua, ada beberapa macam kegiatan belajar yang tidak hanya dikelas, menjadikan subyek, memiliki rasa ingin belajar selalu menjadikan shadow teacher memiliki keyakinan untuk mencapai suatu hal yaitu terkait perkembangan ABK. Kemudian hal tersebut diperkuat oleh adanya nilai unsur penguat yaitu kepercayaan dan kepedulian orang tua terhadap shadow teacher dan anak, kerjasamanya tim yang baik dengan didukung oleh suasana psikologis diantaranya belajar kontrol emosi, kesabaran, keikhlasan dan yang utama penanganan dengan menggunakan hati dan rasa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:08
Last Modified: 30 Mar 2022 05:08
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4021

Actions (login required)

View Item View Item