Muhammad Ulil, Abshor (2021) تحليل الكتاب الدراسي لدرس اللغة العربية بالمنهج 2013 للصف السابع من المدرسة المتوسطة في ضوء النظرية الذكاءات المتعددة. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92300417009_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
92300417009_bab1.pdf Download (703kB) |
|
Text
92300417009_bab2.pdf Download (797kB) |
|
Text
92300417009_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) |
|
Text
92300417009_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
92300417009_bab5.pdf Download (525kB) |
|
Text
92300417009_daftarpustaka.pdf Download (663kB) |
|
Text
92300417009_suratpernyataan.pdf Download (249kB) |
Abstract
Buku ajar merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Untuk membantu peranannya tersebut maka buku ajar harus disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang bertujuan mengembangkan seleruh aspek kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik. Maka buku ajar yang digunakan dalam pembelajaran hendaknya juga disusun untuk mengembangkan seluruh aspek kompetensi peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) tema pada buku ajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah mata pelajaran Bahasa Arab kurikulum 2013 ditinjau dari perspektif teori kecerdasan ganda, (2) penyajian materi pada buku ajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah mata pelajaran Bahasa Arab kurikulum 2013 ditinjau dari perspektif teori kecerdasan ganda, (3) penyajian latihan soal pada buku ajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah mata pelajaran Bahasa Arab kurikulum 2013 ditinjau dari perspektif teori kecerdasan ganda. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan metode pengumpulan data dokumentasi, dan menggunakan metode analisis isi. Adapun objek penelitian ini adalah buku ajar kurikulum 2013 matapelajaran Bahasa Arab tingkat Madrasah Tsanawiyah Kelas VII, yang ditulis oleh Hasan Saefulloh dan A. Syaekhudin dan diterbitkan oleh Erlangga tahun 2015. Hasil dari penelitian ini adalah (1) terdapat tujuh jenis kecerdasan dalam tema yang ada di buku ajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah mata pelajaran Bahasa Arab kurikulum 2013 meliputi kecerdasan linguistik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan logis matematis, kecerdasan kinestetik, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan eksistensial spiritual. (2) pada aspek penyajian materi ada lima jenis kecerdasan meliputi kecerdasan linguistik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan logis matematis, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan interpersonal. (3) pada aspek penyajian latihan ada lima jenis kecerdasan meliputi kecerdasan linguistik, kecerdasan visual spasial, kecerdasan logis matematis, kecerdasan kinestetik, dan kecerdasan interpersonal.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Moch. Ulil Abshor |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 04:01 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 04:01 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/4013 |
Actions (login required)
View Item |