Strategi Promosi Produk Simpanan Wadiah Yaddhamanah Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus: KSP Al-‘Ula Mitra Sejahtera di Desa Nglawak, Kertosono)

Noviantari, Dwi (2021) Strategi Promosi Produk Simpanan Wadiah Yaddhamanah Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Dalam Perspektif Marketing Syariah (Studi Kasus: KSP Al-‘Ula Mitra Sejahtera di Desa Nglawak, Kertosono). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931409617_prabab.pdf

Download (954kB)
[img] Text
931409617_bab1.pdf

Download (286kB)
[img] Text
931409617_bab2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
931409617_bab3.pdf

Download (192kB)
[img] Text
931409617_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text
931409617_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
931409617_bab6.pdf

Download (168kB)
[img] Text
931409617_daftarpustaka.pdf

Download (235kB)
[img] Text
931409617_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Koperasi simpan pinjam dalam menjalankan fungsinya yang salah satunya sebagai lembaga penghimpun dana memerlukan kegiatan pemasaran dengan strategi promosi yang tepat untuk menghadapi ketidakpastian dalam berjalannya kegiatan usaha. Dengan adanya promosi koperasi dapat mempertahankan anggota yang lama atau menarik anggota yang baru serta promosi juga berfungsi untuk meningkatkan citra lembaga keuangan di mata para anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing produk simpanan wadiah yaddhamanah dan untuk mengetahui strategi promosi produk simpanan wadiah yaddhamanah untuk meningkatkan jumlah anggota dalam perspektif marketing syariah pada koperasi simpan pinjam Al-„Ula Mitra Sejahtera. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Simpan Pinjam Al-„Ula Mitra Sejahtera di desa Nglawak, Kertosono, Nganjuk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, dokumentasi dan observasi. Dalam penelitian ini data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koperasi simpan pinjam Al-„Ula Mitra Sejahtera melakukan strategi marketing dengan menerapkan strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan pasar dengan memanfaatkan kegiatan promosi secara intensif dan pemasaran dari mulut ke mulut (the world of mouth) untuk menyebarkan informasi positif dan koperasi melakukan perluasan pangsa pasarnya namun, koperasi belum melakukan inovasi terhadap produk yang tersedia. Dan strategi promosi yang dilakukan koperasi simpan pinjam Al-„Ula Mitra Sejahtera untuk meningkatkan jumlah anggota menerapkan bauran promosi yang terdiri dari periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (salles promotion), publisitas atau hubungan masyarakat (public relationship). Bauran promosi yang diterapkan koperasi simpan pinjam Al-„Ula Mitra Sejahtera telah sesuai dengan karakteristik marketing syariah yang terdiri dari teistis (rabbaniyah), Etis (akhlaqiyyah), Realistis (al-waqiyyah) dan Humanistis (insaniyyah).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150203 Financial Institutions (incl. Banking) > 15020303 Pawnshop (Pegadaian; incl. Pegadaian Syariah)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 28 Mar 2022 03:20
Last Modified: 28 Mar 2022 03:20
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3998

Actions (login required)

View Item View Item