Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Di MI Darul Muttaqiin Kediri)

Prasetyo, Hendra Ade (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Di MI Darul Muttaqiin Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932402417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932402417_bab1.pdf

Download (514kB)
[img] Text
932402417_bab2.pdf

Download (541kB)
[img] Text
932402417_bab3.pdf

Download (196kB)
[img] Text
932402417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
932402417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
932401417_bab6.pdf

Download (16kB)
[img] Text
932402417_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932402417_suratpernyataan.pdf

Download (327kB)

Abstract

HENDRA ADE PRASETYO, 2 0 21 . Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Masa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Di MI Darul Muttaqiin Kediri), Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Moh. Zainal Fanani M.Pd.I dan (2) Jerhi Wahyu Fernanda. M.Si. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan, Pandemi COVID-19. Kepala madrasah merupakan salah satu bagian dari pendidikan yang berperan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Dalam melakukan tugasnya sebagai manager, kepala madrasah harus memiliki strategi dan bentuk kepemimpinan yang.tepat. Fokus penelitian ini adalah, 1) bagaimana kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan mada masa pandemi COVID-19 di MI Darul Muttaqiin Kediri. 2) apa kendala kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan mada masa pandemi COVID- 19 di MI Darul Muttaqiin Kediri. 3) apa upaya kepala madrasah dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi COVID-19 di MI Darul Muttaqiin Kediri. Dalam penelitian ini, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dilanjutkan dengan analisis data dengan cara menelaah seluruh data yang telah diperoleh dengan cara reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi guna memperoleh data dalam penelitian yang sesuai dengan kenyataan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Pertama, kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah meningkakan kualitas kualitas guru, meningkatkan keaktifan siswa, mengembangkan kurikulum, meningkatkan sarana prasarana madrasah serta meningkatkan kerjasama orang tua dan masyarakat. Kedua, kendala yang dihadapi kepala madrasah pada masa pandemi COVID-19 berpusat pada kurangnya media pendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan lembaga pemerintahan yang kurang begitu memberikan dukungan seratun persen akan program yang akan dijalankan oleh kepala madrasah, kurikulum yang sering berubah-ubah serta keberadaan dua lokasi yang menyulitkan kepala madrasah dalam mengontrol jalannya kinerja yang dijalankan oleh kepala madasah. Ketiga, upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam mengatasi kendala adalah dengan menerapkan prinsip dalam Total Quality Manajemen (TQM) seperti salah satunya memberikan pengertian secara terbuka kepada seluruh siswa dan orang tua siswa mengenai strategi yang dilakukan oleh madrasah dalam penyelenggarakan pendidikan yang bermutu di masa pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education (Pendidikan Berkelanjutan dan Komunitas)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hendra Ade Prasetyo
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:25
Last Modified: 16 Mar 2022 05:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3859

Actions (login required)

View Item View Item