Tingkat Kepuasan Netizen Radio Andika FM Kediri Di Facebook Ag243

Aziz, Bittami Niamul (2020) Tingkat Kepuasan Netizen Radio Andika FM Kediri Di Facebook Ag243. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933504315_prabab.pdf

Download (437kB)
[img] Text
933504315_bab1.pdf

Download (265kB)
[img] Text
933504315_bab2.pdf

Download (196kB)
[img] Text
933504315_bab3.pdf

Download (346kB)
[img] Text
933504315_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text
933504315_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
933504315_bab6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
933504315_daftarpustaka.pdf

Download (62kB)
[img] Text
933504315_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Industri media massa yang sudah lama atau tua biasanya akan tergantikan oleh industri media baru. Hal ini akan memunculkan persaingan yang ketat. Untuk bisa tetap diterima oleh audiennya, salah satunya melakukan konvergensi media, yaitu jenis media konvensional diintegrasikan dengan media baru atau internet. Radio Andika FM mempunyai website dan media sosial. Facebook ag243 merupakan halaman resmi milik radio Andika FM. Netizen merespon setiap unggahan di beranda facebook ag243, ada dengan respon yang sangat banyak dan ada unggahan yang mendapatkan sedikit respon dari netizen facebook ag243. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar motif dan tingkat kepuasan netizen pada facebook ag243. Populasi penelitian ini adalah 349.456 orang diambil dari jumlah like atau suka halaman ag243 pada tanggal 14 Mei 2019. Sedangkan jumlah sampelnya adalah 100 orang dengan tingkat kesalahan 10% menurut perhitungan menggunakan rumus Yamane. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Insidental Sampling. Penyebaran e-kuesioner melalui beranda facebook ag243 dengan link https://forms.gle/UA2aeUe9oxcZTzAv6 pada tanggal 16 Desember 2019. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa netizen mengonsumsi facebook ag243 didominasi motif informasi, selanjutnya identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial, serta motif hiburan menjadi terendah. Hasil analisis t-test yang telah dilakukan menunjukkan adanya perbedaan skor yang signifikan antara GS dan GO dengan angka 0,048 lebih kecil dari 0,05 dan hasil t hitung sebesar 2,000 lebih besar dari t tabel dengan jumlah sampel 100 (df = 99) adalah 1,660. Perbedaan skor tersebut menunjukkan benar-benar terjadi discrapancy gratification atau kesenjangan kepuasan (GS ≠ GO). Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa netizen facebook ag243 tidak puas (GS > GO) dengan perolehan mean skor dari gratification sought sebesar 49,43 sedangkan mean skor dari gratification obtained sebesar 48,49. Menurut teori uses and gratification audien berhak menentukan media mana yang ingin dikonsumsi. Agar netizen tidak beralih ke media lain, media seharusnya memberikan apa yang diinginkan netizen. Terdapat tiga poin penting keinginan responden terhadap facebook ag243, yaitu informasi check and recheck dahulu kepada narasumber, perbanyak informasi yang bersumber dari Radio Andika atau citizen jurnalism, ketelitian kata, bahasa, dalam menulis informasi agar tidak membingungkan netizen.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 11 Mar 2022 03:43
Last Modified: 11 Mar 2022 03:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item View Item