Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai “Temangopi” Kota Kediri Dalam Menarik Minat Pelanggan

Anwar, Khoirul (2020) Strategi Komunikasi Pemasaran Kedai “Temangopi” Kota Kediri Dalam Menarik Minat Pelanggan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933501814_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933501814_bab1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
933501814_bab2.pdf

Download (172kB)
[img] Text
933501814_bab3.pdf

Download (164kB)
[img] Text
933501814_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933501814_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
933501814_bab6.pdf

Download (71kB)
[img] Text
933501814_daftarpustaka.pdf

Download (138kB)
[img] Text
933501814_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)

Abstract

Kedai Temangopi merupakan salah satu kedai kopi kekinian di Kota Kediri, dan belakangan ini banyak berbagai kedai kopi yang semakin menjamur dan sudah memiliki banyak cabang di kota-kota lain. Dalam komunikasi pemasaran tidak hanya sekedar menjual dan memasarkan produk, tetapi juga diperlukan strategi yang tepat. Strategi komunikasi pemasaran merupakan kunci sukses untuk merintis dan mengembangkan usaha dalam menarik minat pelanggan. Oleh karena itu, Kedai Temangopi menerapkan unsur strategi komunikasi pemasaran sebagai cara memasarkan produknya dan menarik minat pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Kedai Temangopi Kota Kediri, dan hambatan yang dialami serta solusi yang diambil dalam strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Kedai Temangopi Kota Kediri dalam menarik minat pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi dalam penelitian ini adalah lokasi Kedai Temangopi Kota Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik wawancara menggunakan interview guide dan obsevasi lapangan non participant. Dalam penelitian ini menggunakan konsep strategi komunikasi, komunikasi pemasaran, dan konsep bauran pemasaran 4P, yaitu product, price, place, promotion. Hasil dari penelitian ini adalah unsur dari komunikasi pemasaran dalam strategi komunikasi pemasaran Kedai Temangopi Kota Kediri dalam menarik minat pelanggan. Seperti produk, harga, tempat, dan promosi. Dengan mengikuti event-event, adanya promo dari challenge yang diselenggarakan, dan potongan harga setiap bulan pada jam tertentu, serta bekerjasama dengan admin media sosial yang ada di Kota Kediri untuk memasarkan produknya. Strategi komunikasi pemasaran Kedai Temangopi Kota Kediri menunjukan adanya peninggkatan penjualan yang cukup signifikan, di tengah banyaknya kedai kopi lain di Kota Kediri, Kedai Temangopi mampu bertahan dan semakin berkembang. Hambatan Kedai Temangopi Kota Kediri dalam menarik minat pelanggan diantaranya pemilihan dan penetapan promo atau diskon yang tepat untuk pelanggan, serta adanya wabah virus covid 19 yang tidak dapat diprediksi atau pun diantisipasi oleh pihak Kedai Temangopi, sehingga berimbas kepada penurunan omset penjualan. Promosi penjualan yang digunakan Kedai Temangopi sangat beragam, diantaranya seperti mengoptimalkan penggunaan media sosial, mengikuti event di luar, seperti pada event Jazz Brantas dengan membuka booth.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 10 Mar 2022 02:32
Last Modified: 10 Mar 2022 02:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item View Item