Basori, Doris Arung (2022) Penggunaan Celebrity Endorsement Pada Media Sosial Instagram Dalam Tinjauan Ekonomi Islam (Studi Kasus Online Shop @bibehstyle.id). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931309115_prabab.pdf Download (509kB) |
|
Text
931309115_bab1.pdf Download (182kB) |
|
Text
931309115_bab2.pdf Download (395kB) |
|
Text
931309115_bab3.pdf Download (100kB) |
|
Text
931309115_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
|
Text
931309115_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
|
Text
931309115_bab6.pdf Download (62kB) |
|
Text
931309115_daftarpustaka.pdf Download (152kB) |
|
Text
931309115_suratpernyataan.pdf Download (411kB) |
Abstract
Celebrity endorsment menjadi salah satu strategi pemasaran andalan bagi pelaku usaha terutama @bibehstyle.id. Namun dalam mekanismenya terdapat kemiripan dengan praktek bai’ najasy yang dilarang dalam Islam. Penelitian ini mempunyai tujuan: Untuk mengetahui penggunaan celebrity endorsement pada media sosial Instagram di @bibehstyle.id dan Untuk mengetahui penggunaan celebrity endorsement pada media sosial instagram di @bibehstyle.id dalam tinjauan Ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan metode Induktif dengan pendekatan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan untuk memperoleh keabsahan temuan menggunakan teknik ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Dari hasil penelitian ini, didapati bahwa mekanisme kerjasama endorsement yang dilakukan oleh @bibehstyle.id memiliki kesamaan dengan mekanisme praktek bai’ najasy dimana penjual meminta pihak ketiga untuk berpura pura membeli dan memuji barang dagangan. Perbedaannya, @bibehstyle.id hanya meminta selebgram sebagai pihak ketiga untuk mempromosikan dan memberi review jujur terhadap produk minibag yang dijualnya. Dalam tinjauan ekonomi Islam, bai’ najasy dilarang karena dapat merugikan konsumen. Sedangkan celebrity endorsement yang dilakukan @bibehstyle.id dan selebgram telah diketahui oleh konsumen bahwa itu adalah suatu kerjasama promosi. Sehingga konsumen melakukan pembelian karena tertarik pada produk yang dipromosikan, bukan karena terpedaya ajakan selebgram. Maka peneliti membuat kategori celebrity endorsement yang wajar dan celebrity endorsement yang memiliki kecenderungan bai’ najasy.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | DORIS ARUNG BASORI |
Date Deposited: | 01 Mar 2022 03:41 |
Last Modified: | 01 Mar 2022 03:41 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3623 |
Actions (login required)
View Item |