Nugroho, Alfin (2020) Fundraising Dan Marketing Ziswaf (Zakat, Infaq, Shadaqah, Dan Waqaf) Ditinjau Dari Marketing Mix Syariah (Studi Kasus : Laznas Yatim Mandiri Kota Kediri). Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
Text
92500618003_prabab.pdf Download (533kB) |
|
Text
92500618003_bab1.pdf Download (299kB) |
|
Text
92500618003_bab2.pdf Download (368kB) |
|
Text
92500618003_bab3.pdf Download (171kB) |
|
Text
92500618003_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
Text
92500618003_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
|
Text
92500618003_bab6.pdf Download (39kB) |
|
Text
92500618003_daftarpustaka.pdf Download (173kB) |
|
Text
92500618003_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (938kB) |
Abstract
Dalam Lembaga Amil Zakat maupun Badan Amil Zakat, donator menjadi salah satu pilar penting untuk keberlangsungan Lembaga. untuk menarik minat donator agar berdonasi ke suatu Lembaga perlu adanya fundraising dan juga marketing dari Lembaga tersebut. fundraising atau penggalangan dana merupakan hal pokok dari suatu Lembaga pengelolaan zakat. Untuk menarik donator agar berminat mendonasikan dananya ke suatu Lembaga pengelolaan zakat perlu adanya marketing yang baik dari Lembaga tersebut. seiring berkembangnya zaman dalam memasarkan produk banyak mengalami peerkembangan. bauran pemasaran merupakan salah satu perkembangan dari marketing. bauran pemasaran manjadi suatu cara yang bisa di gunakan untuk menguasai pasar dengan maksimal. Pembahasan dalam penelitian ini dibatasi pada praktek fundraising dan marketing ZISWAF ditinjau dari Marketing Mix Syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah pembaca bisa mengetahui tentang praktek fundraising dan marketing ZISWAF di tinjau dari marketing mix Syariah. Jenis penelitian ini adalah desktiptif kualitatif. Sumber data penelitian ini dari data primer dan data sekunder. Data tersebut di olah untuk dijadikan sebuah landasan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui beberapa Teknik tersebut kemudian dikategorikan, dijelaskan hubungan-hubunganya melalui analisis dalam kasus guna menyusun konsep dan abstraksi temuan penelitian. Fundraising yang dilakukan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Kota Kediri menggunakan direct fundraising dan indirect fundraising. Sedangkan dalam marketing dalam Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri Kota Kediri hanya terfokus pada program-program yang telah menjadi terget dari lembaga. Selain menggunakan program-program, Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri juga memakai brosur, majalah, dan juga pelayanan maksimal demi terciptanya kepuasan donator. Marketing mix Syariah merupakan bauran pemasaran yang sesuai dengan Syariah islam. Fundraising dan marketing ZISWAF yang dilakukan oleh Laznas yatim Mandiri dapat dikelompokan dalam empat elemen marketing Mix Syariah meliputi : produk, harga, tempat dan promosi. ke empat elemen ini menjadi inti dari pemsaran yang ada di Lembaga tersebut. Dari ke empat elemen tersebut yang di aplikasikan oleh Lembaga Amil Zakat Nasional Yatim Mandiri sudah sesuai dengan Syariah Islam.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1801 Law and Islamic Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial Law, Islamic Contract Law) > 18012716 Waqf, Zakah, Infaq, Shadaqah |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 02:37 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 02:49 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3608 |
Actions (login required)
View Item |