تطوير الوسيلة التعليمية بناءا على فيديو سكريب لترقية كفاءة مهارة االستماع لطالب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة اإلسالمية الحكومية 1 كديري

Jannah, Mila Ghurrotul (2019) تطوير الوسيلة التعليمية بناءا على فيديو سكريب لترقية كفاءة مهارة االستماع لطالب الصف السابع بالمدرسة المتوسطة اإلسالمية الحكومية 1 كديري. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932502515 prabab.pdf

Download (628kB)
[img] Text
932502515 BAB 1.pdf

Download (489kB)
[img] Text
932502515 BAB 2.pdf

Download (666kB)
[img] Text
932502515 BAB 3.pdf

Download (645kB)
[img] Text
932502515 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932502515 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
932502515 BAB 6.pdf

Download (464kB)
[img] Text
932502515 DP.pdf

Download (365kB)

Abstract

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Scribe untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Siswa Kelas 7 MTsN 1 Kediri : Proses pembelajaran menyimak di MTsN 1 Kediri tergolong konvensional, belum menggunakan media pembelajaran apapun. Hal ini menjadikan minat siswa terhadap pembelajaran menjadi rendah dan pembelajaran terasa membosankan. Padahal di setiap kelas tersedia alat yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian pengembangan media videoscribe untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VII MTsN 1 Kediri. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis videoscribe dan menguji keefektivitasan suatu produk untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas VII di MTsN 1 Kediri. Hasil pengembangan media pembelajaran ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan videoscribe telah memenuhi syarat dan dianggap layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu pengembangan media pembelajaran videoscribe sebagai variabel bebas dan keterampilan menyimak bahasa Arab sebagai variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTsN 1 Kediri. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu siswa kelas VII-D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas.. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan tes keterampilan menyimak. Hasil analisis data menggunakan uji-t menghasilkan nilai signifikansi 0,01. Hasil uji-t 0,01 <0,05 Hal ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Bobot kefektifannya adalah 48,12% yang tergolong cukup efektif. Nilai rata-rata akhir kelas eksperimen sebesar 86,8 lebih besar dari kelas kontrol yaitu 80. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis videoscribe efektif dalam pembelajaran keterampilan menyimak bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021402 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Feb 2022 03:16
Last Modified: 24 Feb 2022 03:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3585

Actions (login required)

View Item View Item