Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Prodi Teknik Informatika Angkatan 2018)

Putri, Dewi Fatmala (2021) Pengaruh Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Prodi Teknik Informatika Angkatan 2018). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931311717_prabab.pdf

Download (403kB)
[img] Text
931311717_bab1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
931311717_bab2.pdf

Download (167kB)
[img] Text
931311717_bab3.pdf

Download (442kB)
[img] Text
931311717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
931311717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
931311717_bab6.pdf

Download (43kB)
[img] Text
931311717_daftarpustaka.pdf

Download (37kB)
[img] Text
931311717_suratpernyataan.pdf

Download (103kB)

Abstract

Kelompok referensi adalah kelompok yang memberikan pengaruh langsung (tatap muka) atau tidak langsung terhadap sikap atau perilaku seseorang. Sedangkan keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan dimana konsumen benar-benar melakukan suatu pembelian. Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian adalah kelompok referensi. Dengan adanya kelompok referensi dapat menambah tingkat kepercayaan konsumen, dan menarik minat konsumen terhadap produk untuk melakukan kepetusan pembelian meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengtahui kelompok referensi mahasiswa Universitas Nusantara PGRI prodi teknik informatika angkatan 2018, untuk mengetahui keputusan pembelian laptop Acer oleh mahasiswa Universitas Nusantara PGRI prodi teknik informatika angkatan 2018 serta untuk mengetahui pengaruh kelompok referensi terhadap keputusan pembelian laptop acer mahasiswa Universitas Nusantara PGRI prodi teknik informatika angkatan 2018.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah berasal dari Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri prodi teknik informatika angkatan 2018 yang menggunakan laptop Acer dengan jumlah 70 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel secara total (total sampling). Variabel bebas menggunakan kelompok referensi dan variabel terikat mengunakan keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa variabel kelompok refensi (X) dan variabel keputusan pembelian (Y) termasuk dalam kategori cukup. Dan persamaan regresi yang terbentuk Y = 10,494 + 0,721X. Selanjutnya dari hasil perhitungan uji korelasi menunjukkan bahwa nilai r sebesar 0,784 yang berarti berkorelasi kuat. Dan berdasarkan uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,615 yang artinya variabel bebas Kelompok referensi (X) dapat diterangkan dan mempengaruhi variabel terikat Keputusan pembelian (Y) sebesar 61,5%, sisanya yaitu 38,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Dewi Fatmala Putri
Date Deposited: 08 Feb 2022 04:58
Last Modified: 08 Feb 2022 04:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3421

Actions (login required)

View Item View Item