Pengaruh Media Pembelajaran Whatsapp Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Babat Pada Pembelajaran Online

Fajri, Lintang Agnia Lailatul (2021) Pengaruh Media Pembelajaran Whatsapp Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 3 Babat Pada Pembelajaran Online. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932119717_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932119717_bab1.pdf

Download (426kB)
[img] Text
932119717_bab2.pdf

Download (342kB)
[img] Text
932119717_bab3.pdf

Download (322kB)
[img] Text
932119717_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text
932119717_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
932119717_bab6.pdf

Download (265kB)
[img] Text
932119717_daftarpustaka.pdf

Download (379kB)
[img] Text
932119717_suratpernyataan.pdf

Download (170kB)

Abstract

Prestasi belajar merupakan hasil dari suatu proses pembelajaran yang diukur melalui tiga aspek yaitu, kognitif, afektif, dan psikomotor. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti, faktor internal, faktor eksternal dan faktor pendekatan belajar. Selain itu penggunaan media pembelajaran juga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik. Media sosial whatsapp merupakan salah satu media sosial yang sangat memberikan pengaruh. Para peserta didik di era globalisasi ini telah menggunakan whatsapp dalam aktivitas keseharian mereka baik di sekolah maupun di luar sekolah. Apalagi media sosial whatsapp ini juga digunakan sebagai media pembelajaran mengingat kebijakan pemerintah yang mengharuskan pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran online guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Mengingat hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengungkap lebih dalam mengenai pengaruh media sosial whatsapp terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Babat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Populasi dari penelitian ini sebanyak 215 dan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 138 siswa. Teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian deskriptif mengungkapkan bahwa media sosial whatsapp tergolong sedang dengan nilai rata-rata sebesar 82,86 dan prosentasenya 63,8%. Sedangkan prestasi belajar siswa tergolong baik sekali dengan nilai rata-rata sebesar 83,42 atau dibulatkan 83. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media sosial whatsapp berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 3 Babat. Media sosial whatsapp memberikan kontribusi sebesar 41,7%, hal ini berarti media sosial whatsapp memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lintang Agnia Lailatul Fajri
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:32
Last Modified: 03 Feb 2022 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3372

Actions (login required)

View Item View Item