Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Di MA Plus Hikmatul Mubtadi-Ien, Badal, Ngadiluwih, Kediri

rifaldi, muhammad aldi (2021) Kegiatan Pramuka Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa (Studi Kasus Di MA Plus Hikmatul Mubtadi-Ien, Badal, Ngadiluwih, Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932119614_prabab.pdf

Download (659kB)
[img] Text
932119614_bab1.pdf

Download (187kB)
[img] Text
932119614_bab2.pdf

Download (282kB)
[img] Text
932119614_bab3.pdf

Download (207kB)
[img] Text
932119614_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
932119614_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
932119614_bab6.pdf

Download (54kB)
[img] Text
932119614_daftarpustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pramuka adalah gerakan internasional yang bertujuan untuk meningkatkan karakter anak-anak dan remaja dan melatih mereka untuk dapat bertanggung jawab. Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup. Salah satu lembaga pendidikan yang menerapkan itu adalah MA. Plus Hikmatul Mubtadi-Ien, Badal-Ngadiluwih-Kediri, yang memanfaatkan kegiatan pramuka untuk membentuk kedisiplinan siswa. Oleh karenanya peneliti ingin menggali lebih dalam dengan menjukan fokus penelitian (1). Bagaimana kegiatan Ekstrakurikuler pramuka di MA Plus Hikmatul Mubtadi-ien, Badal Ngadiluwih Kab. Kediri dalam membentuk karakter disiplin kepramukaan (2). Bagaimana peran dan dampak kegiatan Pramuka dalam membentuk karakter disiplin waktu dan disiplin tata tertib siswa di MA Plus Hikmatul Mubtadi-ien, Badal Ngadiluwih Kab. Kediri Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang berusaha untuk mengetahui peran / kontribusi nilai pendidikan agama terhadap perilaku sosial siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan wawancara dan observasi dalam melakukan penggalian data. Sedangkan untuk analisis data peneliti menggunakan 3 cara yani data reduction, data display dan conclusion drawing/verification. Untuk pengecekan keabsahan data peeliti menggunakan 3 cari yakni memperjang keikutsertaan, mengamati dengan tekun dan melakukan triangulasi sumber, metode dan waktu. Hasil penelitian ini adalah (1). Kegiatan pramuka dilakukan pada hari Sabtu sepulang sekolah, bentuk kegiatan pramuka yang dapat membentuk kedisiplinan siswa adalah latihan rutin, upacara dan baris berbaris. Metode yang digunakan oleh guru dalam menanamkan kedisplinan adalah reward and punishment. (2). Peran kegiatan pramuka adalah sebagai tempat melatih siswa untuk mendisiplinkan diri. Kegiatan pramuka memiliki 2 dampak yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah kedisiplinan siswa meningkat, sedangkan negatifnya adalah siswa merasa kelelahan. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kedisplinan adalah lingkungan, keteladanan, latihan, motivasi dan kesadaran.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Aldi Rifaldi
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:16
Last Modified: 03 Feb 2022 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item