Studi Komparasi Kecerdasan Spiritual Pada Kelas Tahfidz Dan Kelas Reguler Kelas X MA Hasan Muchyi Kapurejo

Maknun, Wildana khurun (2021) Studi Komparasi Kecerdasan Spiritual Pada Kelas Tahfidz Dan Kelas Reguler Kelas X MA Hasan Muchyi Kapurejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932122117_prabab.pdf

Download (767kB)
[img] Text
932122117_bab1.pdf

Download (394kB)
[img] Text
932122117_bab2.pdf

Download (411kB)
[img] Text
932122117_bab3.pdf

Download (398kB)
[img] Text
932122117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)
[img] Text
932122117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
932122117_bab6.pdf

Download (186kB)
[img] Text
932122117_daftarpustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932122117_suratpernyataan.pdf

Download (175kB)

Abstract

Kecerdasan adalah hal yang sudah melekat dalam diri seseorang. Kecerdasan dapat dibntuk dan dikembangkan dengan baik dan benar sehingga seseorang mempunyai potensi yang didapat dari kecerdasan itu sendiri. Kecerdasan juga mempunyai kategori sendiri, ada kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Semuanya akan terbentuk dengan baik jika sesorang melampaui sebuah pendidikan yang akan mengasah kecerdasan yang ada didalam dirinya. Meskipun sudah melalui pendidikan dengan jenjang yang sama, kemampuan berkembangnya kecerdasan setiap peserta didik sangat beragam. Banyak faktor yang dapat mempengaruhinya baik faktor dari dalam maupun dari luar. Penelian ini membahas dan mencari tau bagaimana tingkat perkembangan yang didapat peserta didik mengenai kecerdasan spiritual, dengan membandingakn antara dua kelas yang mana kelas pertama adalah kelas reguler dan yang kedua adalah kelas tahfidz yang didalamnya anak diasah dengan bakat tertentu, memiliki sedikit kelebihan dan diunggulkan dari pada kelas reguler, kelas yang mempunyai program biasa saja seperti halnya pada umumnya yang di tetapan oleh pemerintah. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuantitatif. Peneliti memperoleh data dengan menyebarkan angket. Peneliti mengambil semua responden kelas X reguler dan tahfidz karena terbatasnya jumlah peserta didik yaitu sebanyak 61 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antara dua kelas reguler dan tahfidz ada perbedan yang siginifikan. Rata-rata yang didapatkan menunjukkan bahwa kelas tahfidz lebih unggul dari pada kelas reguler. Kecerdasan spiritual dapat berkembang dengan baik pada kelas tahfidz. Rata-rata yang didapat setelah pengujian hipotesisi oleh kelas tahfidz adalah 95,37, sedangkan pada kelas reguler adalah 79, 85. Dengan nilai signifikasi 0,00 yang menjadi dasar pengambilan keputusan bahwa kelas reguler dan kelas tahfidz mempunyai kecerdasan spiritual yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Agama)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wildana Khurun Maknun
Date Deposited: 02 Feb 2022 01:36
Last Modified: 02 Feb 2022 01:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3335

Actions (login required)

View Item View Item