Azizi, Aqil (2022) Peran guru pendidikan agama islam dalam pembinaan akhlak peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Sekolah Alam Al Ghifari Kecamatan Sanan Wetan Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
![]() |
Text
932130614_bab1.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
932130614_bab2.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
932130614_bab3.pdf Download (140kB) |
![]() |
Text
932130614_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
![]() |
Text
932130614_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (129kB) | Request a copy |
![]() |
Text
932130614_bab6.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
932130614_prabab.pdf Download (194kB) |
Abstract
Proses pendidikan menjadi tanggung jawab bersama, termasuk guru, tugas utama seorang guru adalah mendidik dan mengajar, supaya tugas utama tersebut dapat dilaksanakan dengan baik, maka ia perlu memiliki kualifikasi tertentu yaitu profesionalisme, memiliki kompetensi dalam ilmu pengetahuan, kredibilitas moral, dedikasi dalam menjalankan tugas, kematangan jiwa dan memiliki keterampilan teknis mengajar serta mampu membangkitkan etos dan motivasi anak didik dalam belajar dan meraih kesuksesan. Selain itu seorang guru juga harus memiliki inovasi terkait dengan metode – metode yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran, guru harus dapat melakukan inovasi – inovasi yang menyangkut tugasnya sebagai pendidik. Peneliti sangat tertarik untuk meneliti peran guru pendidikan agama islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Di Sekolah Alam Al Ghifari Kecamatan Sanan Wetan Kota Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui (1) untuk mengetahui metode pembinaan akhlak berbasis sekolah alam di Smp Alam Alghifari. (2) untuk mengetahui akhlak peserta didik di sekolah berbasis alam di SMP Alam Al Ghifari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Penelitian ini dilakukan di SMP alam Al Ghifari kecamatan sanan wetan kota blitar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Subjek yang digunakan adalah kepala sekolah, guru dan siswa SMP alam Al Ghifari Kecamatan Sanan Wetan Kota Blitar. Hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa pelaksanaan metode pembinaan akhlak sudah cukup baik, terbukti dengan adanya prosedur – prosedur yang digunakan dalam melangsungkan proses belajar mengajar oleh guru, dan mengenai akhlak yang dimiliki oleh siswa banyak variabel ke arah yang baik. Ditunjukkan adanya: (1) metode ceramah yang dilakukan di SMP alam Al Ghifari (2) metode pembiasaan, (3) metode bercerita. Dari hasil yang telah di lakukan peneliti bahwa temuan penelitian yang diajarkan di SMP alam Al Ghifari yaitu siswa bersiakp jujur, bersikap tawadhu’, berbudaya lingkungan, dan bersikap mandiri.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education (Pendidikan dan pelatihan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Moh. Aqil Azizi |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 06:04 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 06:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |