Studi Komparasi Strategi Active Learning Berbasis Peer Teaching dan Perception Student Have dalam Meningkatkan Keaktifan Santri Introver di Ma'had IAIN Kediri

Badriyah, Lailatul (2021) Studi Komparasi Strategi Active Learning Berbasis Peer Teaching dan Perception Student Have dalam Meningkatkan Keaktifan Santri Introver di Ma'had IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932121417_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932121417_bab1.pdf

Download (425kB)
[img] Text
932121417_bab2.pdf

Download (204kB)
[img] Text
932121417_bab3.pdf

Download (181kB)
[img] Text
932121417_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
932121417_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
932121417_bab6.pdf

Download (138kB)
[img] Text
932121417_daftarpustaka.pdf

Download (249kB)
[img] Text
932121417_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932121417_suratpernyataan.pdf

Download (389kB)

Abstract

Keaktifan menjadi salah satu komponen penting sebagai tolak ukur keberhasilan pendidikan. Pemerintah kemudian mengeluarkan Permendikbud Republik Indonesia Nomor 36, Tahun 2018 poin A2c mengenai kewajiban bagi lembaga pendidikan untuk melaksanakan pembelajaran menggunakan student oreiented atau dapat dimaknai active learning. Faktanya, santri memiliki kepribadian heterogen yaitu introver dan ekstrover. Praktik active learning dinilai tidak sesuai dengan tipe kepribadian introver. Hal ini menjadikan pendidikan dinilai berjalan seimbang. George Jacobs menyampaikan bahwa pembelajaran aktif dengan metode apapun, seperti tidak adil bagi orang berkepribadian introver, kecuali apabila menerapkan beberapa prinsip yang dipertimbangkan sehingga introver tetap nyaman melaksanakan pembelajaran. Oleh karene itu penelitian ini akan menguji teori dari George Jacobs dengan rumusan masalah yaitu 1) Bagaimana pengaruh strategi active learning berbasis peer teaching dalam meningkatkan keaktifan santri intover di Ma’had IAIN Kediri? 2) Bagaimana perbedaan keaktifan santri introver antara menggunakan strategi active learning berbasis peer teaching dan perception student have?. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif statistik deskriptif dengan desain quasi experiment. Penelitian dilakukan di Ma’had IAIN Kediri sebagai situs penelitian. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket baik untuk variabel keaktifan maupun variabel santri introver.Adapun untuk analisis data, peneliti melakukan uji normalitas terlebih dahulu. Setelah data penelitian dibuktikan berdistribusi normal peneliti melanjutkan analisis data dengan menggunanakan uji paired sampel t-tes dan uji independent sampel t-tes menggunakan IBM SPSS. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan kesimpulan yaitu 1) Pengaruh strategi active learning berbasis peer teaching dalam meningkatkan keaktifan santri introver di Ma’had IAIN terbukti berpengaruh karena berdasarkan uji paired sampel t-tes menunjukkan hasil 0,000 0,05 sehingga terdapat perbedaan antara nilai keaktifan belajar pre-tes dan post-tes. 2) Perbedaan keaktifan santri introver antara menggunakan strategi active learning berbasis peer teaching dan perception student have berdasarkan hasil uji independent sampel t-tes 0,03 0,05 sehingga terbukti ada perbedaan signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAILATUL BADRIYAH
Date Deposited: 31 Jan 2022 05:07
Last Modified: 31 Jan 2022 05:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3267

Actions (login required)

View Item View Item