Fanny, Ahmad johandika geofanny (2021) Persepsi Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Dan Dakwah Iain Kediri Tentang Pesanpesan Dakwah Gus Miftah Di Instagram @Gusmiftah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.
Text
933500516_prabab.pdf Download (498kB) |
|
Text
933500516_bab1.pdf Download (295kB) |
|
Text
933500516_bab2.pdf Download (625kB) |
|
Text
933500516_bab3.pdf Download (119kB) |
|
Text
933500516_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (482kB) |
|
Text
933500516_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
|
Text
933500516_bab6.pdf Download (107kB) |
|
Text
933500516_daftarpustaka.pdf Download (238kB) |
|
Text
933500516_lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) |
|
Text
LembarPernyataanPersetujuanPublikasi (7).pdf Download (172kB) |
Abstract
ABSTRAK Geofanny, Ahmad Johandika. 2021. Persepsi Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah IAIN Kediri tentang Pesan-Pesan Dakwah Gus Miftah di instagram @Gusmiftah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri. Pembimbing : Dr. Ropingi, M.Pd dan Kholila Mukaromah, S.Th.I, M.Hum. Kata Kunci: Persepsi, Dakwah, Instagram Instagram untuk berdakwah melalui fiturnya yang lengkap baik berupa visual maupun audiovisual dimanfaatkan pendakwah atau ustadz untuk menyebarkan dakwah secara modern. Pendakwah atau Ustadz menggunakan kesempatan untuk berbagi ilmu agama pada khalayak umum sesama pengguna media sosial khususnya instagram. Hal tersebut merupakan bentuk dari penyesuaian kegiatan dakwah yang mengikuti perubahan dan perkembangan teknologi komunikasi masa kini. Dari munculnya kegiatan dakwah melalui media digital, memunculkan persepsi-persepsi masyarakat terkait konten dakwah yang disampaikan melalui instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri tentang pesan-pesan dakwah dalam instagram @gusmiftah dan menjelaskan apa yang mempengaruhi persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri dalam memahami pesan-pesan dakwah dalam instagram @gusmiftah. Penelitian ini menggunakan model pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini mengambil populasi para mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2016,2017, dan 2018. Total sampel yang diambil sebanyak 54 mahasiswa. Metode stratified random sampling digunakan untuk mencari sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah close-ended kuesioner yang berisi pertanyaan yang diukur menggunakan skala Likert. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan teknik presentase. Hasil penelitian ditemukan bahwa persepsi mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kediri tentang pesan-pesan dakwah dalam instagram @gusmiftah berada dalam kategori sangat baik. Tiga komponen persepsi menunjukkan hasil rata-rata yang berada dalam rentang sangat baik, komponen kognitif sebesar 4,36; komponen afektif sebesar 4,36; dan komponen konatif sebesar 4,34. Terkait apa saja yang mempengaruhi persepsi, ditemukan bahwa terdapat dua faktor utama yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang ditemukan meliputi perasaan, proses belajar, tingkat kesadaran, dan motivasi. Sedangkan faktor eksternal adalah informasi dan ketidakasingan objek.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam) |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ahmad Johandika Geofanny |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 06:17 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 06:17 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/3181 |
Actions (login required)
View Item |