Faridah, Siti Nurul (2020) Pengaruh Durasi Mengakses Media Sosial Dan Prokrastinasi Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Siswa Kelas X Di SMK Al Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932115516 prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932115516 bab1.pdf Download (347kB) |
|
Text
932115516 bab2.pdf Download (556kB) |
|
Text
932115516 bab3.pdf Download (579kB) |
|
Text
932115516 bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
Text
932115516 bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (426kB) |
|
Text
932115516 bab6.pdf Download (203kB) |
|
Text
932115516 daftar pustaka.pdf Download (418kB) |
|
Text
932115516 lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil akhir dari pembelajaran yang merupakan bukti keberhasilan dari proses pembelajaran. Prestasi belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya faktor psikologis dan faktor lingkungan. Media sosial yang merupakan salah satu dari faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap prestasi belajar apabila durasi penggunaannya berlebihan. Sedangkan prokrastinasi merupakan salah satu faktor psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar karena perilaku prokrastiasi merupakan dorongan dari dalam diri individu yang dilakukan secara sadar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1) adakah pengaruh durasi mengakses media sosial terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri 2) adakah pengaruh prokrastinasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri 3) adakah pengaruh durasi mengakses media sosial dan prokrastinasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa kelas X di SMK Al-Huda Kota Kediri Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil populasi seluruh siswa kelas X pada tahun pelajaran 2019/2020. Sedangkan teknik sampling menggunakan proportional stratified random sampling yaitu diperoleh sebanyak 117 sampel dari jurusan TITL, TPM, TKRO, TBSM, TKJ, MM. Sedangkan teknik pengumpulan data variabel durasi mengakses media sosial dan prokrastinasi siswa adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Kendall’s tau. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu 1) terdapat pengaruh negatif antara durasi mengakses media sosial terhadap prestasi belajar dilihat dari koefisien korelasi sebesar -0,299 dan nilai sig. 0,00<0.05. 2) terdapat pengaruh negatif antara prokrastinasi terhadap prestasi belajar dilihat dari koefisien korelasi sebesar -0,219 dan nilai sig. 0,001<0.05. 3) terdapat pengaruh negatif antara durasi mengakses media sosial dan prokrastinasi terhadap prestasi belajar dilihat dari nilai sig. kedua variabel yaitu yang lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:04 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:04 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2987 |
Actions (login required)
View Item |