Analisis Implementasi Full Day School Dalam Membentuk Kualitas Akhlak Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri

Ilma, Chafid Darul (2020) Analisis Implementasi Full Day School Dalam Membentuk Kualitas Akhlak Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Mojo Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932111216 bab1.pdf

Download (168kB)
[img] Text
932111216 prabab.pdf

Download (784kB)
[img] Text
932111216 bab2.pdf

Download (387kB)
[img] Text
932111216 bab3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932111216 bab3.pdf

Download (189kB)
[img] Text
932111216 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
932111216 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
932111216 bab6.pdf

Download (162kB)
[img] Text
932111216 daftar pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
932111216 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada masa sekarang ini banyak program pendidikan yang menyelenggarakan sekolah sehari penuh (full day school) yang dimulai pada pukul 07.00-15.30 WIB. Dalam program fullday school ini ditawarkan banyak aktifitas kegiatan sehingga target pembelajaran yang ingin dicapai juga semakin banyak. Dengan banyaknya aktifitas kegiatan siswa di sekolah menjadikan beberapa siswa merasa bosan, kelelahan dalam pembelajaran. Namun, di SMA Negeri 1 Mojo beberapa siswa dapat mencapai dan melampaui target yang telah ditentukan sekolah. Hal ini menunjukkan semangat para siswa memiliki prestasi belajar yang sangat tinggi, maka dari itu lembaga pendidikan selalu ingin menghasilkan lulusan yang baik, berkualitas, memiliki prestasi belajar yang bagus serta dapat diandalkan, mengingat hal tersebut maka prestasi siswa memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai suatu target tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk implementasi fullday school dalam meningkatkan kualitas akhlak peserta didik. Penelitian ini menggunakan kualitatif. Adapun jenis penelitiannya study kasus, karena dalam penelitian ini dipandang sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskripsi berupa ucapan atau tulisan dalam perilaku yang dapat diamati dari subjek itu sendiri. Untuk metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi setelah itu analisis data. Dan untuk mengecek keabsahan data nya menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan Implementasi Fullday School dalam Membentuk kualitas akhlak peserta didik SMA Negeri 1 Mojo memperhatikan beberapa aspek yaitu SDM, fasilitas, tujuan yang ingin dicapai, sarpras dan finasial yang ada sebagai penunjang keberhasilan dari program tersebut. (2) pelaksanaan program – program yang ada telah menumbuhkan beberapa akhlak yaitu: sabar, menghormati orang yang lebih tua, guru dan sesama, taubat, amar ma;ruf nahi munkar dan syukur tekun beribadah. Sehingga para siswa sebagian besar telah menjadi siswa yang berkhlakul karimah (3) Dalam mengetahui hasil implementasi program fulday school sekolah menggunakan dua metode yang pertama adalah evaluasi disaat program kegiatan berlangsung dan metode berikutnya adalah wawancara dengan pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 22 Dec 2021 04:07
Last Modified: 22 Dec 2021 04:07
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item