Strategi Pengembangan Produk Dalam Mengatasi Persaingan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Mayang Collection Pandaan Kabupaten Pasuruan)

Widyawati, Meyka Ayu (2020) Strategi Pengembangan Produk Dalam Mengatasi Persaingan Usaha Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Di Mayang Collection Pandaan Kabupaten Pasuruan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931314616 prabab.pdf

Download (417kB)
[img] Text
931314616 bab1.pdf

Download (409kB)
[img] Text
931314616 bab2.pdf

Download (367kB)
[img] Text
931314616 bab3.pdf

Download (193kB)
[img] Text
931314616 bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
931314616 bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
931314616 bab6.pdf

Download (92kB)
[img] Text
931314616 daftar pustaka.pdf

Download (201kB)
[img] Text
931314616 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (770kB)

Abstract

Bisnis tidak pernah terlepas dengan adanya persaingan Usaha untuk mengatasi hal tersebut salah satunya dengan melakukan strategi pengembangan produk yaitu dengan melakukan perubahan atau memodifikasi produk yang sudah ada dengan penampilan yang lebih menarik. Dengan adanya strategi pengembangan produk usaha yang dijalankan akan menjadi lebih berkembang dan bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Dalam melakukan strategi pengembangan produk untuk mengatasi persaingan usaha harus sesuai dengan ajaran Islam. Sehingga rezeki yang diperoleh mendapatkan ridho dan halal. Mengingat pentingnya strategi pengembangan produk dalam suatu perusahaan dalam mengatasi persaingan usaha. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana strategi pengembangan produk yang dilakukan oleh Mayang Collection Pandaan dalam mengatasi persaingan usaha (2) apakah telah sesuai apabila ditinjau dari etika bisnis Islam (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam melakukan strategi pengembangan produk dalam mengatasi persaingan usaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah kepala toko, karyawan dan konsumen toko Mayang Collection Pandaan. Tahap analisis yang peneliti lakukan adalah Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan produk dalam mengatasi persaingan usaha pada Mayang Collection Pandaan yaitu dengan mengembangkan penampilan produk baru atau yang sudah ada dengan cara merubah penampilan produk dengan kualitas yang lebih baik dan model yang lebih menarik. Faktor penghambat dari pengembangan produk yaitu kekurangan ide, siklus hidup produk, dan modal yang sangat besar. Sedangkan faktor pendukung yaitu menghadapi masalah yang ada dengan terjun langsung ke lapangan, kualitas yang digunakan baik, harga yang ditawarkan terjangkau dan pelayanan pemesanan produk yang baik. Dalam tinjauan etika bisnis Islam pengembangan produk dilakukan dengan persaingan yang sehat melalui kejujuran dan ketebukaan. Mayang Collection Pandaan melakukan pengembangan produk sesuai dengan etika bisnis Islam akan tetapi terdapat salah satu yang menyimpang dari etika bisnis Islam yaitu memanfaatkan kondisi konsumen atau peluang yang ada sehinga konsumen dengan terpaksa untuk membeli.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mokamad Mahbub Junaidi
Date Deposited: 01 Dec 2021 02:04
Last Modified: 01 Dec 2021 02:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2865

Actions (login required)

View Item View Item