Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mamba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri

Nazilah, Ilma Ainun (2020) Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Mamba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932132215 PRA BAB.pdf

Download (695kB)
[img] Text
932132215 BAB 1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
932132215 BAB 2.pdf

Download (238kB)
[img] Text
932132215 BAB 3.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932132215 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
932132215 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
932132215 BAB 6.pdf

Download (130kB)
[img] Text
932132215 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
932132215 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Membiasakan anak-anak untuk belajar merupakan salah satu faktor penting. Kebiasaan yang dibina dari saat ke saat ini akan banyak menguntungkan bagi orang tua maupun bagi anak. Siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik akan memperoleh prestasi belajar yang baik pula. Sebaliknya anak yang kebiasaan belajarnya tidak baik, prestasi belajarnya tidak maksimal. Sebagaimana dikemukakan Hamalik bahwa cara belajar turut menentukan hasil belajar yang diharapkan. Cara dan kebiasaan belajar yang tepat akan menentukan hasil yang memuaskan, sebaliknya cara dan kebiasaan belajar yang buruk akan memberikan hasil yang kurang memuaskan. 1) Berangkat dari hal tersebut peneliti menelaah lebih jauh Bagaimana kebiasaan belajar siswa MTs Manba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Manba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri? 3) Apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Manba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri? Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah sample 44 siswa dan pelaksanaan penelitian ini di MTs Manba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Sedangkan analisis data peneliti menggunakan rumus Pearson Correlation dengan menggunakan bantuan komputer SPSS 21 for windows. Hasil penelitian, yaitu (1) dari hasil angket yang penulis sebarkan, penulis dapat menyimpulkan bahwa kebiasaan belajar siswa MTs Manba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri, kategori cukup baik. Hal ini berdasarkan skor hasil angket yang diperoleh sebesar 70,68. (2) Prestasi Belajar siswa di MTs Manba’ul Afkar Sendang Kec. Banyakan Kab. Kediri semester genap tahun ajaran 2018/2019 kategori sangat baik, beerdasarkan analisa data prestasi siswa diperoleh rata-rata 84,91. (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa MTs. Manba’ul Afkar Sendang. Hal ini berdasarkaan hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa sig 0,000<0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES (Filosofi dan Studi Agama) > 2204 Religion and Religious Studies (Agama dan Studi Agama) > 220403 Islamic Studies (Studi Islam)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 30 Jul 2021 04:00
Last Modified: 30 Jul 2021 04:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2460

Actions (login required)

View Item View Item