Strategi pemasaran produk daur ulang sampah plastik ditinjau dari syariah marketing (studi kasus di Bank Sampah Sri Rejeki Kel. Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri)

Wibowo, Bayu Agung (2018) Strategi pemasaran produk daur ulang sampah plastik ditinjau dari syariah marketing (studi kasus di Bank Sampah Sri Rejeki Kel. Campurejo Kec. Mojoroto Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931307614 Pra BAB.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931307614 BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
931307614 BAB II.pdf

Download (506kB)
[img] Text
931307614 BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
931307614 BAB IV.pdf

Download (238kB)
[img] Text
931307614 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
931307614 BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
931307614 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
931307614 Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran. kebijakan dan aturan yang memberikan arah kepada usaha-usaha pemasaran perusahaan, pada masing-masing tingkat dan acuan serta alokasinya, terutama sebagai anggapan dalam menghadapi persaingan yang selalu berubah. Untuk mengetahui potensi ekonomi usaha daur ulang sampah, dapat dilihat dari strategi pemasarannya, semakin bagus tingkat strateginya maka semakin tinggi pula daya saing dengan perusahaan lain. Dalam prosesnya, usaha ini tidaklah selalu berjalan dengan lancar, ada pasang surut yang dialami usaha daur ulang sampah. Meskipun demikian, bank sampah Sri Rejeki tetap bertahan sampai saat ini, bahkan pendapatannya pun mencapai 5-7 juta perbulan dan bahkan menguasai pasar Kediri serta penjualannya juga mencapai ke luar kota. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaimana strategi pemasaran di bank sampah Sri Rejeki di Desa Campurejo Kota Kediri; dan bagaimana strategi pemasaran bank Sampah Sri Rejeki ditinjau dari syariah marketing. Penelitian ini dilakukan di Bank Sampah Desa Campurejo Kota Kediri. Untuk mendapatkan data yang valid dengan beberapa metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Setelah data-data terkumpul maka penulis menganalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian, (1) Strategi pemasaran di bank sampah Sri Rejeki sebagai berikut: a. Produk, adanya banyak variasi agar dapat menarik konsumen. b. Harga, sesuai dengan harga pasar dan faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga. c. Promosi, pemasaran langsung, komunikasi dari mulut ke mulut dan mengikuti acara-acara terkait daur ulang. d. Distribusi, menggunakan distribusi langsung dari produsen ke konsumen atau personal selling dan distribusi tak langsung, melalui pemasar (reseller). (2) Ditinjau syariah marketing, bank sampah Sri Rejeki belum sepenuhnya sesuai karena masih ada yang bertentangan dengan etika syariah marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1403 Econometrics > 140399 Econometrics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: User Repo
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:09
Last Modified: 29 Jul 2021 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2436

Actions (login required)

View Item View Item