Urfa, Ifa Dati Ali (2016) Pengaruh Efikasi Diri dan Konsep Diri terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Fiqih Kelas VIII MTs Negeri Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932106712 prabab.pdf Download (490kB) |
|
Text
932106712 BAB I.pdf Download (449kB) |
|
Text
932106712 BAB II.pdf Download (516kB) |
|
Text
932106712 BAB III.pdf Download (524kB) |
|
Text
932106712 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
|
Text
932106712 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) |
|
Text
932106712 BAB VI.pdf Download (187kB) |
|
Text
932106712 Daftar Pustaka.pdf Download (318kB) |
Abstract
Berdasarkan beberapa kajian teori menyatakan bahwa keterlibatan siswa dipengaruhi dua faktor besar yaitu faktor internal atau faktor psikologis dan faktor eksternal atau faktor dari luar individu. Dalam penelitian ini, peneliti memilih faktor internal yang berhubungan dengan keterlibatan siswa. Faktor tersebut adalah efikasi diri dan konsep diri. Sebab, efikasi diri dan konsep diri merupakan bagian dari diri siswa yang akan mempengaruhi cara berfikir dan berperilaku seorang siswa dalam proses pembelajaran. Keterlibatan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu faktor dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Tinggi rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran tidak dapat dilepaskan dari efikasi diri dan konsep diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh efikasi diri dan konsep diri terhadap keterlibatan siswa dalam pembelajaran fiqih kelas VIII MTs Negeri Nganjuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi siswa kelas VIII sebanyak 286 siswa dan sampel berjumlah 156 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak sederhana (simple random sampling). Pengumpulan data menggunakan metode angket. Angket yang digunakan meliputi angket efikasi diri, angket konsep diri dan angket keterlibatan siswa. Hasil dari pengumpulan data dianalisis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa efikasi diri kelas VIII MTs Negeri Nganjuk termasuk pada kategori cukup dengan rata-rata 99,84 dan konsep diri masuk pada kategori cukup dengan rata-rata 81,83 serta keterlibatan siswa masuk dalam kategori cukup dengan rata-rata 111,73. Hasil analisis regresi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara efikasi diri terhadap keterlibatan siswa memberikan sumbangan positif dan signifikan sebesar 34,2%, konsep diri terhadap keterlibatan siswa sebesar 59,9%. Efikasi diri dan konsep diri secara bersama-sama memberikan sumbangan sebesar 60,9% dalam mempengaruhi keterlibatan siswa. Sedangkan sisanya sebesar 30,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 18 May 2021 02:09 |
Last Modified: | 18 May 2021 02:09 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/2358 |
Actions (login required)
View Item |