Analisis Strategi Promosi Bibit Tanaman Melalui Tiktok Live Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Akun TikTok @TNa Bibit Kabupaten Nganjuk)

Lestari, Dwi Putri (2025) Analisis Strategi Promosi Bibit Tanaman Melalui Tiktok Live Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Pada Akun TikTok @TNa Bibit Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
21401067_PraBab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21401067_Bab1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
21401067_Bab2.pdf

Download (347kB)
[img] Text
21401067_Bab3.pdf

Download (269kB)
[img] Text
21401067_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
21401067_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
21401067_Bab6.pdf

Download (251kB)
[img] Text
21401067_DaftarPustaka.pdf

Download (224kB)
[img] Text
21401067_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img] Text
21401067_SuratPernyataanUploudMandiri.pdf

Download (218kB)

Abstract

Promosi merupakan suatu alat pemasaran yang digunakan sebagai strategi melalui komunikasi antara penjual dan pembeli yang bertujuan untuk membujuk pembeli agar membeli produk. Salah satu platform media sosial yang dapat mendukung aktivitas promosi adalah TikTok. Salah satu fitur yang tersedia di TikTok adalah live streaming yang memungkinkan pengguna melakukan siaran langsung dan terlibat dalam interaksi real-time dengan pengikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi promosi melalui TikTok Live dalam meningkatkan penjualan pada TNa Bibit di Desa Juwet, Kecamatan Ngronggot, Kabupaten Nganjuk perspektif Etika Bisnis Islam. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan untuk mengamati fenomena yang terjadi di lingkungan alami. Validitas data dijamin melalui partisipasi langsung, fokus observasi yang jelas, dan triangulasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan proses analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang dilakukan melalui tahap pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi promosi melalui TikTok Live terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi dan penjualan produk bibit tanaman pada TNa Bibit. Strategi promosi yang digunakan TNa Bibit melalui TikTok Live meliputi: (1) penawaran harga menarik dan diskon selama sesi live, seperti “beli 1 gratis 1”, bonus pupuk, dan harga promo hanya saat live berlangsung, (2) konsistensi jadwal live dan gaya komunikasi atau interaksi dua arah dengan audiens, (3) peningkatan kualitas saat live, seperti penggunaan kamera dengan resolusi tinggi, pencahayaan yang cukup, suara yang jelas, serta pengaturan visual produk yang menarik. Dengan menerapkan strategi promosi melalui TikTok Live ini, TNa Bibit berhasil meningkatkan penjualan produk mereka dari 2.520 bibit pada tahun 2023 sebelum menggunakan TikTok Live menjadi 9.316 bibit pada tahun 2025 setelah aktif menggunakan TikTok Live. Dari sudut pandang etika bisnis Islam, promosi yang dilakukan oleh TNa Bibit telah sesuai dengan: (1) prinsip kejujuran, pemilik usaha TNa Bibit secara terbuka menyampaikan kekurangan dan kelebihan produk secara langsung tanpa manipulasi, (2) prinsip keadilan, penawaran harga dan pemberian diskon dilakukan secara adil dan tidak diskriminatif kepada semua konsumen baik pembeli baru maupun pelanggan lama, (3) prinsip tanggung jawab, apabila terjadi kerusakan bibit selama pengiriman, pemilik usaha siap memberikan solusi atau penggantian sesuai kesepakatan, (4) prinsip transparansi, informasi produk seperti jenis tanaman, harga, media tanam, hingga cara perawatan disampaikan secara jelas dan terbuka selama live streaming.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: PUTRI DWI LESTARI
Date Deposited: 23 Dec 2025 07:54
Last Modified: 23 Dec 2025 07:54
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19984

Actions (login required)

View Item View Item