Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah Dengan Gangguan Speech Delay

Adeliawati, Dewi Azka (2025) Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah Dengan Gangguan Speech Delay. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.

[img] Text
20104076_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20104076_bab1.pdf

Download (311kB)
[img] Text
20104076_bab2.pdf

Download (205kB)
[img] Text
20104076_bab3.pdf

Download (180kB)
[img] Text
20104076_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text
20104076_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
20104076_bab6.pdf

Download (277kB)
[img] Text
20104076_daftar_pustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
20104076_pernyataan_upload.pdf

Download (428kB)

Abstract

Perkembangan psikososial adalah proses kematangan psikologis dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial. Anak prasekolah merupakan anak dengan rentang usia antara 3-6 tahun. Salah satu aspek penting dalam perkembangan psikososial anak prasekolah adalah kemampuan berkomunikasi. Gangguan speech delay merupakan bentuk gangguan perkembangan dimana anak mengalami kesulitan mengungkapkan perasaan, pikiran, dan keinginannya kepada orang lain melalui kata-kata atau biasa disebut berbicara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran perkembangan psikososial pada anak prasekolah yang memiliki gangguan speech delay dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan psikososial pada anak prasekolah dengan gangguan speech delay. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 3 (tiga) anak rentang usia 3-6 tahun dengan gangguan speech delay. Penelitian ini dilakukan di Praktik Mandiri Okupasi Terapi Tumbuh Kembang Anak Kediri yang berlokasi di Perum Permata Biru Blok B-6, Pakunden, Pesantren, Kota Kediri. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran perkembangan psikososial pada ketiga subjek masih dalam proses perkembangan. Ketiga subjek mengalami beberapa tantangan seperti kesulitan berinteraksi, muncul perilaku menarik diri, serta ledakan emosi yang tidak dapat terkontrol. Namun, dukungan dari lingkungan berperan besar dalam membantu subjek mengembangkan kepercayaan diri dan adaptasi sosial secara bertahap. Sehingga kemampuan dalam inisiatif dan rasa bersalah menunjukkan seimbang. Faktor utama pada ketiga subjek yang mempengaruhi perkembangan psikososial adalah kurangnya kemampuan dalam pemahaman diri dan menjalin hubungan dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: DEWI AZKA ADELIAWATI
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:09
Last Modified: 05 Dec 2025 03:09
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19806

Actions (login required)

View Item View Item