Strategi Guru Dalam Mengembangkan Aktualisasi Diri Siswa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XII Di MAN 1 Kota Kediri

Umah, Nur Afifatul (2025) Strategi Guru Dalam Mengembangkan Aktualisasi Diri Siswa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Kelas XII Di MAN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21201095_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21201095_bab1.pdf

Download (317kB)
[img] Text
21201095_bab2.pdf

Download (268kB)
[img] Text
21201095_bab3.pdf

Download (257kB)
[img] Text
21201095_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
21201095_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
21201095_bab6.pdf

Download (242kB)
[img] Text
21201095_daftarpustaka.pdf

Download (250kB)
[img] Text
21201095_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21201095_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (181kB)

Abstract

Umah, Nur Afifatul. Dosen Pembimbing Dr. H. Muniron, M.A dan Dr. Sufirmansyah, M.Pd.I. Strategi Guru dalam Mengembangkan Aktualisasi Diri Siswa untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas XII di MAN 1 Kota Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Guru, Aktualisasi Diri, Motivasi Belajar. Motivasi belajar pada mata pelajaran SKI cenderung rendah karena motode pembelajaran yang digunakan kurang variatif dan monoton. Guru banyak menggunakan metode ceramah daripada melibatkan siswa aktif dalam diskusi. Padahal motivasi belajar yang kuat dapat tumbuh dari adanya aktualisasi diri dalam diri siswa, yaitu siswa mengenali kemampuannya dan dapat mengembangkan potensi dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru SKI dalam proses pembelajaran, perkembangan aktualisasi diri dan peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII di MAN 1 Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, kehadiran peneliti sangat diperlukan karena peneliti sebagai pengamat proses pembelajarn, pewawancara, pengumpul data dan penganalisis data. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi teknik dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, guru menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi, seperti presentasi, diskusi, tayangan video YouTube, serta evaluasi menggunakan aplikasi Kahood!, Quizizz. Hal ini ditandai dengan antusias siswa dalam belajar dan mengerjakan. Kedua, dalam penerapan strategi guru, siswa menunjukkan perkembangan aktualisasi dirinya dengan ditandai lebih percaya diri, berani berpendapat serta aktif bertanya dalam diskusi. Siswa yang sebelumnya pasif menjadi aktif. Ketiga, perkembangan aktualisasi diri berdampak terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. ditandai dengan siswa menjadi kesiapan siswa dalam setiap pertemuan, lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran SKI, lebih fokus, aktif dalam kelas dan antusias dalam proses pembelajaran. guru juga memberikan motivasi keagaman melalui nasehat dan kisah inspiratif, yang memperkuat perkembangan motivasi instrinsik siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Afifatul Umah
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:14
Last Modified: 04 Dec 2025 04:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19781

Actions (login required)

View Item View Item