Efektivitas penerapan model cooperative learning tipe student team achievement division (stad) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi aritmetika sosial di MTsN 5 Kab. Kediri

Evi Putri, Dela Rosa (2025) Efektivitas penerapan model cooperative learning tipe student team achievement division (stad) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada materi aritmetika sosial di MTsN 5 Kab. Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932305719_prabab.pdf

Download (862kB)
[img] Text
932305719_bab1.pdf

Download (369kB)
[img] Text
932305719_bab2.pdf

Download (512kB)
[img] Text
932305719_bab3.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932305719_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (655kB)
[img] Text
932305719_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
932305719_bab6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB)
[img] Text
932305719_daftarpustaka.pdf

Download (264kB)
[img] Text
932305719_lampiran.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Pernyataan_Upload.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan sebelumnya yang menunjukkan efektivitas model pembelajaran STAD dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, namun model tersebut belum pernah diterapkan di MTsN 5 Kabupaten Kediri. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model cooperative learning tipe Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VII di MTsN 5 Kabupaten Kediri. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VII B, D, F dan I yang diajar oleh oleh guru mata pelajaran yang sama, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Kelas VII F dipilih secara acak sebagai sampel, yang terdiri atas 38 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan langkah￾langkah pembelajaran kooperatif tipe STAD, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket motivasi belajar, pre-test dan post-test prestasi belajar, serta dokumentasi. Data di analisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, analisis statistik deskriptif, uji normalitas dan uji hipotesis. Analisis hasil penelitian menggunakan uji One Sample t-test menunjukkan bahwa motivasi dan prestasi belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran STAD berada di atas rata-rata yang diharapkan. Secara simultan, analisis hasil penelitian menggunakan uji Hotelling’s T² menunjukkan bahwa model STAD berpengaruh terhadap motivasi dan prestasi belajar. Namun, pada analisis hasil penelitian dengan uji Paired Sample t-test, secara parsial motivasi belajar mengalami peningkatan dari segi rata-rata, namun tidak signifikan secara statistik, yang diduga disebabkan oleh tingginya motivasi siswa sejak awal dan keterbatasan waktu penerapan. Sebaliknya, secara parsial prestasi belajar mengalami peningkatan yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa STAD lebih efektif dalam meningkatkan prestasi belajar. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan xi sebagai strategi pembelajaran alternatif, dan penelitian selanjutnya dapat membandingkannya dengan model lain untuk menemukan pendekatan yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010108 Operator Algebras and Functional Analysis (Aljabar Operator dan Analisis Fungsional)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: DELA ROSA EVI PUTRI
Date Deposited: 11 Dec 2025 03:25
Last Modified: 11 Dec 2025 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19743

Actions (login required)

View Item View Item