Syazwina, Ardini Dhia Nafisah (2025) Pengembangan Media Pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Roudlotut Tholabah Kolak Wonorejo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
|
Text
21206117_prabab.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21206117_bab1.pdf Download (824kB) |
|
|
Text
21206117_bab2.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
21206117_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
|
Text
21206117_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
|
Text
21206117_bab5.pdf Download (653kB) |
|
|
Text
21206117_daftarpustaka.pdf Download (769kB) |
|
|
Text
21206117_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
|
Text
21206117_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf Download (195kB) |
Abstract
ARDINI DHIA NAFISAH SYAZWINA. Dosen Pembimbing Dr. DEWI AGUS TRIANI, M.Pd. dan KURNIA AHADIYAH, S.Si., M.Si. Pengembangan Media Pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II MI Roudlotut Tholabah Kolak Wonorejo, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2025. Kata Kunci : Pengembangan Media Pulaca, Puzzle Pelengkap Pecahan, Hasil Belajar. Media pembelajaran merupakan sarana pembelajaran yang digunakan untuk menyalurkan pesan sehingga dapat merangsang peserta didik dalam proses mencapai tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar menunjukkan adanya pemahaman peserta didik yang cukup rendah. Terlihat pada hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika di kelas II MI Roudlotut Tholabah yang rendah diakibatkan media yang digunakan kurang efektif. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan menerapkan media pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari Penelitian ini adalah mengembangkan media pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas II MI Roudlotut Tholabah Kolak Wonorejo, mengetahui kelayakan media pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas II MI Roudlotut Tholabah Kolak Wonorejo, serta mengetahui keefektifan media pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas II MI Roudlotut Tholabah Kolak Wonorejo. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Kegiatan penelitian dilaksanakan di MI Roudlotut Tholabah Kolak Wonorejo dengan subjek penelitian sebanyak 28. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, pre-test dan post-test, serta dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini menghasilkan prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengikuti model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, evaluasi yang dilakukan secara runtut dan produk yang dikembangkan peneliti berupa media pulaca (Puzzle Pelengkap Pecahan), Uji kelayakan dilaksanakan dengan dengan memvalidasikan produk kepada para ahli sesuai dengan bidangnya, dengan hasil sangat layak. Hasil penilian para ahli validator, yaitu ahli media mendapatkan presentase 94% dengan kategori “sangat layak”. Pada ahli materi mendapatkan presentase 85,4% dengan kategori “sangat layak”. Pada ahli instrumen mendapatkan presentase 82% dengan kategori “sangat layak”. Efektivitas media pulaca dilihat dari angket respon peserta didik serta pre-test dan post-test. Hasil pre-test dan post-test kelompok kecil memperoleh nilai 36,5% menjadi 82,5% Sedangkan hasil pre-test dan post-test kelompok besar memperoleh nilai 42% menjadi 85%. Rata-rata skor N-Gain sebesar 0,8089 dan N-Gain persen sebesar 76,84% dengan kategori "Efektif" dengan kriteria peningkatan “Tinggi”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan untuk meeningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II MI Roudlotut Tholabah.
| Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
|---|---|
| Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | ARDINI DHIA NAFISAH SYAZWINA |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 03:27 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 03:27 |
| URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19657 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
