Peran Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Nefa Bouquet Kediri

ISTIVA, HIDAYATUL (2025) Peran Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Nefa Bouquet Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
21401064_prabab.pdf

Download (623kB)
[img] Text
21401064_bab1.pdf

Download (508kB)
[img] Text
21401064_bab2.pdf

Download (528kB)
[img] Text
21401064_bab3.pdf

Download (464kB)
[img] Text
21401064_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
21401064_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (986kB)
[img] Text
21401064_bab6.pdf

Download (434kB)
[img] Text
21401064_daftarpusataka.pdf

Download (409kB)
[img] Text
21401064_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
21401064_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (194kB)

Abstract

HIDAYATUL ISTIVA, Dosen Pembimbing ACHMAD MUNIF, SE., MM dan IRFAN HARMOKO, M.M. Peran Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Nefa Bouquet Kediri, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri 2025. Kata Kuci: Strategi Pemasaran, Loyalitas Konsumen, UMKM UMKM memainkan peran penting dalam perekonomian, terutama dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mendukung ekonomi lokal. Namun, banyak UMKM menghadapi kesulitan dalam mengembangkan stretegi pemasaran yang tepat untuk bersaing di pasar yang semakin kompetitif. Strategi pemasaran merupakan rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan usaha perorangan, kelompok perusahaan, UMKM dan badan usaha lainnya untuk menjual barang atau jasa untuk mendapatkan profit. UMKM Nefa Bouquet menerapkan strategi pemasaran menggunakan bauran pemasaran 4P dalam mempertahankan loyalitas, khususnya dalam menghadapi persaingan usaha sejenis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran startegi pemasaran dalam mempertahankan loyalitas konsumen pada UMKM Nefa Bouquet Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskiptif. Dalam metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data – data pendukung penelitian ini diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari sumber asli melalui proses hasil wawancara secara langsung dengan subjek terkait yaitu pemilik, karyawan, dan konsumen loyal dari Nefa Bouquet, sementara data sekunder diperoleh dari beberapa literatur seperti buku, jurnal, artikel untuk menunjang penelitian. Hasil penelitian ini mengungkap Peran Strategi Pemasaran Dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen Pada UMKM Nefa Bouquet Kediri, yang diterapkan melalui bauran pemasaran 4P (product, price, place, promotion). Strategi terhadap pengembangan inovasi produk yang unik, diskon dan promosi langsung serta komitmen terhadap penetapan harga mempu mempertahankan keberlangsungan usaha ditengah persaingan usaha sejenis. Sementara itu, untuk mempertahankan loyalitas konsumen, UMKM Nefa Bouquet berfokus pada persepsi konsumen melalui komunikasi yang aktif, kesediaan stock produk yang konsisten, inovasi dalam keunikan produk dan desain sesuai trend terkini. Nefa Bouquet juga membangun ikatan emosional melalui pelayanan yang ramah konsitensi, harga yang adil, dan kualiats produk terjaga. Strategi ini efektif dalam membantu mempertahankan konsumen dan keberkelanjutan usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: HIDAYATUL ISTIVA
Date Deposited: 28 Oct 2025 06:56
Last Modified: 28 Oct 2025 06:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item View Item