Nugrahanti, Anggita Citra Ayu (2025) Studi Komparasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Kediri dengan SMP Negeri 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
932301418_prabab.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
932301418_bab1.pdf Download (305kB) |
![]() |
Text
932301418_bab2.pdf Download (447kB) |
![]() |
Text
932301418_bab3.pdf Download (349kB) |
![]() |
Text
932301418_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
![]() |
Text
932301418_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
![]() |
Text
932301418_bab6.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text
932301418_daftarpustaka.pdf Download (219kB) |
![]() |
Text
932301418_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text
932301418_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (215kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Kediri dengan SMP Negeri 1 Kota Kediri pada materi Teorema Pythagoras. Adapun jenis penelitian ini adalah kuantitatif komparatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di MTs Negeri 2 Kota Kediri dan SMP Negeri 1 Kota Kediri. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-J MTs Negeri 2 Kota Kediri dan kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kota Kediri dengan jumlah 66 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal tes kemampuan literasi matematika siswa materi Teorema Pythagoras. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar tes kemampuan literasi matematika materi Teorema Pythagoras. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial, yang terdiri dari uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) serta uji hipotesis berupa Uji Independent Sample T-Test. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan memberikan link google form yang berisi tes kemampuan literasi matematika materi Teorema Pythagoras kepada siswa kelas VIII-J MTs Negeri 2 Kota Kediri sebanyak 34 siswa dan kelas VIII-H SMP Negeri 1 Kota Kediri sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada skor total, siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Kediri mampu memenuhi ketiga kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi pythagoras dan termasuk pada kategori tinggi (2) pada skor total, siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Kediri mampu memenuhi ketiga kemampuan literasi matematika dalam menyelesaikan soal cerita materi pythagoras dan termasuk pada kategori tinggi (3) tidak terdapat perbedaan kemampuan literasi matematika siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Kediri dengan SMP Negeri 1 Kota Kediri berdasarkan pada skor total hasil tes menggunakan soal cerita pada materi Teorema Pythagoras.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education (Studi Komparatif dan Pendidikan Lintas Budaya) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | ANGGITA CITRA AYU NUGRAHANTI |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 04:07 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 04:07 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |