Pengembangan Media Musal(Kamus Visual) Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri

Mahbubah, Fatma (2025) Pengembangan Media Musal(Kamus Visual) Mata Pelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
20206048_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
20206048_bab1.pdf

Download (476kB)
[img] Text
20206048_bab2.pdf

Download (541kB)
[img] Text
20206048_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text
20206048_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
20206048_bab5.pdf

Download (189kB)
[img] Text
20206048_daftarpustaka.pdf

Download (199kB)
[img] Text
20206048_Lembar Persetujuan Pernyataan Publikasi_Fatma Mahbubah.pdf

Download (236kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa terhadap kata ilmiah dalam mata pelajaran IPAS kelas IV SD Plus Sunan Ampel, Kota Kediri. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui prosedur pengembangan media kamus visual mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di SD Plus Sunan Ampel Kota Kediri, 2) Untuk mengetahui kelayakan media kamus visual mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Plus Sunan Ampel kota Kediri, 3) Untuk mengetahui kelayakan media kamus visual mata pelajaran IPAS untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD Plus Sunan Ampel kota Kediri. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan kuantitatif. Model penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini menghasilkan produk berupa media Kamus Visual yang diimplementasikan pada 21 siswa kelas IV SD Plus Sunan Ampel, Kota Kediri. Hasil validasi menunjukkan bahwa media ini sangat layak digunakan, dengan nilai sebagai berikut: ahli desain media 94%, ahli bahasa 78%, ahli materi (dosen) 74%, ahli materi (guru) 100%, dan angket pengguna 88%. Implementasi media Kamus Visual terbukti meningkatkan pemahaman siswa, yang ditunjukkan oleh peningkatan nilai rata-rata pretest dari 63,81 menjadi 95,24 pada posttest. Berdasarkan uji N-Gain, 13 siswa termasuk kategori tinggi, sementara 8 siswa masuk kategori sedang. Kesimpulannya, penggunaan media Kamus Visual efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Plus Sunan Ampel, Kota Kediri.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatma Mahbubah
Date Deposited: 15 Oct 2025 04:16
Last Modified: 15 Oct 2025 04:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19289

Actions (login required)

View Item View Item