Zahroh, Tabassum Aliyatuz (2024) Analisis Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan TPACK di Madrasah Digital MTsN 1 Tulungagung. Masters (S2) thesis, IAIN Kediri.
![]() |
Text
22503010_PRABAB.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
22503010_BAB 1.pdf Download (483kB) |
![]() |
Text
22503010_BAB 2.pdf Download (588kB) |
![]() |
Text
22503010_BAB 3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
22503010_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
22503010_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (422kB) |
![]() |
Text
22503010_BAB 6.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
22503010_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (332kB) |
![]() |
Text
22503010_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (146kB) |
Abstract
ABSTRAK Tabassum Aliyatuz Zahroh, Dosen Pembimbing I Dr. Ahmad Rifai S.Ag, M.Pd dan Dosen Pembimbing II Dr. Anang Firdaus M.Pd.I : Analisis Pembelajaran Bahasa Arab berdasarkan TPACK di Madrasah Digital MTsN 1 Tulungagung. Pendidikan Bahasa Arab, Pascasarjana, IAIN Kediri, 2024 Kata Kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Digital, TPACK Kemajuan ilmu pengetahuan telah berkembang di berbagai bidang, terutama dengan adanya teknologi yang semakin berkembang. Oleh karena itu, guru bahasa arab perlu memperhatikan kompetensi mengajarnya. Kerangka kerja TPACK dapat membantu guru dalam mengintegrasikan tiga aspek pembelajaran, yaitu teknologi, pedagogi, dan konten. MTsN 1 Tulungagung dikenal sebagai madrasah digital karena orientasinya yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab di madrasah digital, dengan fokus khusus pada MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk menjawab tiga rumusan masalah utama: (1) bagaimana pembelajaran bahasa Arab di madrasah digital MTsN 1 Tulungagung? (2) apa dukungan dan hambatan pembelajaran berbasis TPACK di Madrasah digital MTsN 1 Tulungagung? dan (3) bagaimana analisis pembelajaran bahasa Arab berbasis TPACK di madrasah digital? Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Arab di 1. MTsN 1 Tulungagung menghasilkan metode pengajaran yang lebih interaktif, efisien, dan menarik bagi siswa. Penggunaan perangkat digital dan aplikasi pembelajaran menggantikan buku teks tradisional, memperkaya pengalaman belajar siswa, dan meningkatkan motivasi serta pemahaman mereka melalui media digital seperti video edukasi dan kuis interaktif. 2. Penelitian ini juga mengidentifikasi dukungan yang signifikan untuk pembelajaran berbasis TPACK, termasuk integrasi teknologi, akses ke sumber belajar yang beragam, digitalisasi manajemen sekolah, pengembangan aplikasi khusus, dan pelatihan profesional bagi guru. Namun, terdapat juga hambatannya seperti keterbatasan teknologi dan infrastruktur, adaptasi guru terhadap teknologi baru, kurangnya antusiasme siswa, dan keterbatasan dalam keterampilan berbicara menjadi tantangan besar dalam implementasi TPACK. 3. Analisis lebih lanjut menunjukkan komitmen kuat dari para guru di MTsN 1 Tulungagung dalam mengintegrasikan TPACK untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, para guru menunjukkan keahlian pedagogis yang kuat, pemahaman mendalam tentang materi pelajaran, dan kemampuan untuk mengintegrasikan teknologi dengan strategi pengajaran yang efektif. Kolaborasi antar guru juga memberikan dukungan penting dan mendorong inovasi dalam pengajaran dan pembelajaran. Kesimpulannya, integrasi teknologi yang tepat dalam pembelajaran bahasa Arab di madrasah digital dapat meningkatkan kualitas pendidikan, membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik bagi siswa, serta mempersiapkan mereka menghadapi tantangan masa depan dengan keterampilan digital yang memadai. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan pendidikan bahasa Arab berbasis TPACK di era digital.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2004 Linguistics (Ilmu Bahasa) > 20040902 'Ilmu al-Sharf (Arabic Morphology), (struktur bahasa Arab) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Mokamad Mahbub Junaidi |
Date Deposited: | 02 Oct 2025 02:28 |
Last Modified: | 02 Oct 2025 02:28 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |