Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi PLSV Kelas VII Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Di Mts Negeri 6 Kediri

Fauziah, Alfin (2025) Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi PLSV Kelas VII Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Di Mts Negeri 6 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932302118_PRABAB.pdf

Download (961kB)
[img] Text
932302118_BAB1.pdf

Download (320kB)
[img] Text
932302118_BAB2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
932302118_BAB3.pdf

Download (413kB)
[img] Text
932302118_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
932302118_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
932302118_BAB6.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932302118_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
932302118_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
932302118_LembarPernyataanPersetujuan Publikasi (1).pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual pada materi PLSV ditinjau dari kecerdasan emosional. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik untuk memperoleh data adalah dengan tes kecerdasan emosioanal, kemampuan komunikasi matematis, dan wawancara yang telah divalidasi oleh ahli. Soal tes kecerdasan emosional diberikan kepada seluruh siswa di MTsN 6 Kediri kelas VII B terdiri dari 37 siswa, namun siswa yang hadir sebanyak 35 siswa. Setelah diberikan tes kecerdasan emosional untuk mengukur masing-masing tingkat kecerdasan emosional siswa. Dengan menggunakan teknik purposive sampling terpilih 6 siswa sebagai partisipan yang terdiri dari 2 siswa dengan kategori tingkat kecerdasan emosional tinggi, 2 siswa dengan tingkat kecerdasan emosional sedang, dan 2 siswa dengan tingkat kecerdasan emosional rendah. Selanjutnya dilakukan tes kemampuan komunikasi matematis terhadap ke enam subjek yang kemudian jawaban partisipan akan dianalisis dan dilakukan wawancara. Selanjutnya pada hasil penelitian akan menunjukkan bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan setiap kategori tingkat kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual dengan kategori tingkat kecerdasan emosional tinggi secara umum mampu berkomunikasi matematis dalam menyelesaikan soal berdasarkan indikator yang terpenuhi, siswa dengan kategori tingkat kecerdasan emosional rendah secara umum menunjukkan cukup mampu berkomunikasi matematis dalam menyelesaikan soal, sedangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual dengan kategori tingkat kecerdasan emosional rendah secara umum kurang mampu berkomunikasi matematis dalam menyelesaikan soal berdasarkan beberapa indikator yang tidak terpenuhis. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar baru, membantu melatih dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah konekstual ditinjau kecerdasan emosional.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ALFIN FAUZIAH
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:46
Last Modified: 25 Sep 2025 07:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19185

Actions (login required)

View Item View Item