Strategi Pemasaran Bakso Urat Pak Kumis Setonobetek Kota Kediri Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Marketing Syariah

Silviana, Willia Arum (2025) Strategi Pemasaran Bakso Urat Pak Kumis Setonobetek Kota Kediri Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Marketing Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
21401156_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21401156_bab1.pdf

Download (434kB)
[img] Text
21401156_bab2.pdf

Download (513kB)
[img] Text
21401156_bab3.pdf

Download (405kB)
[img] Text
21401156_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
21401156_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB)
[img] Text
21401156_bab6.pdf

Download (288kB)
[img] Text
21401156_daftarpustaka.pdf

Download (402kB)
[img] Text
21401156_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (517kB)
[img] Text
21401156_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Willia Arum Silviana, Dosen Pembimbing Dr. H. Ahmad Syakur, Lc., M.E.I. dan Erawati Dwi Lestari, M. Hum., Strategi Pemasaran Bakso Urat Pak Kumis Setonobetek Kota Kediri Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Marketing Syariah, Skripsi, Program Studi Ekonomi Syari‟ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2025. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan, Marketing Syariah. Salah satu tantangan besar dalam dunia usaha terutama bidang kuliner di Kota Kediri adalah bagaimana pelaku usaha dapat mempertahankan dan meningkatkan penjualan di tengah persaingan yang semakin ketat. Dalam konteks ini, Bakso Urat Pak Kumis Setonobetek Kota Kediri menjadi salah satu contoh usaha kuliner yang berhasil menunjukkan pertumbuhan signifikan melalui penerapan strategi pemasaran yang inovatif serta berlandaskan prinsip-prinsip marketing syariah. Penelitian ini bertujuan untuk : menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bakso Urat Pak Kumis Setonobetek Kota Kediri dalam meningkatkan penjualan, dan menganalisis implementasi marketing syariah dalam strategi pemasaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif, mengambil lokasi di Bakso Urat Pak Kumis Setonobetek Kota Kediri. Informan terdiri dari pemilik usaha, karyawan dan pelanggan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung di lokasi usaha serta dokumentasi foto aktivitas promosi dan penjualan. Proses analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan validitas data diperoleh melalui triangulasi sumber informasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Bakso Urat Pak Kumis mencakup analisis pasar, segmentasi pasar, positioning, bauran pemasaran, ekspansi usaha melalui pembukaan cabang, penetapan harga yang kompetitif, serta pelayanan pelanggan yang ramah dan profesional. Selain itu, faktor- faktor penjualan seperti kondisi pasar, kemampuan penjual dan modal turut mendukung peningkatan omzet, perluasan jangkauan pasar serta pembentukan citra positif. Dalam perspektif marketing syariah, usaha ini telah menjalankan prinsip kejujuran, transparansi, keadilan dan tanggung jawab sosial. Hal ini tercermin dari penggunaan bahan halal dan tayyib, takaran dan ukuran produk yang jelas, promosi tanpa menjelekkan pesaing atau tanpa melebih-lebihkan, serta interaksi dengan pelanggan yang santun dan jujur. Dengan kombinasi antara strategi pemasaran konvensional dan nilai-nilai syariah, Bakso Urat Pak Kumis berhasil meningkatkan omzet, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan volume penjualan serta membangun citra positif di masyarakat. Hasil ini menunjukkan bahwa integrasi antara efektivitas bisnis dan etika Islam memiliki dampak signifikan dalam membangun usaha yang tidak hanya sukses secara komersial, tetapi juga berkah dan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150502 Marketing Communications
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: WILLIA ARUM SILVIANA
Date Deposited: 25 Sep 2025 04:35
Last Modified: 25 Sep 2025 04:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19178

Actions (login required)

View Item View Item