Sari, Emilia Zurista Permata (2025) Pengaruh Prokrastinasi dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Undergraduate (S1) thesis, UIN Syekh Wasil Kediri.
![]() |
Text
21204077_Prabab.pdf Download (907kB) |
![]() |
Text
21204077_Bab1.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
21204077_Bab2.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
21204077_Bab3.pdf Download (394kB) |
![]() |
Text
21204077_Bab4.pdf Download (632kB) |
![]() |
Text
21204077_Bab5.pdf Download (284kB) |
![]() |
Text
21204077_Bab6.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
21204077_Lampiran.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
21204077_Daftarpustaka.pdf Download (244kB) |
![]() |
Text
21204077_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
Abstract
EMILIA ZURISTA PERMATA SARI, Dosen Pembimbing Ahmad Syamsudin, M.Kom., dan Erni Septianawati, S.Pd, M.Sc., “Pengaruh Prokrastinasi dan Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2025. Kata Kunci: Prokrastinasi, Regulasi Diri, Prestasi Belajar Matematika Prestasi belajar matematika siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor yang dapat dikelompokkan menjadi dua kategori utama yaitu faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yang berasal dari individu adalah aspek psikologis yang dimiliki oleh siswa. Aspek psikologis yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa yaitu prokrastinasi dan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prokrastinasi dan regulasi diri siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Kediri terhadap prestasi belajar matematika siswa. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey, dengan populasi penelitian seluruh siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Kediri sebanyak 423 siswa. Menggunakan simple random sampling peneliti memilih 3 kelas dari 12 kelas X SMA Negeri 7 Kota Kediri, dengan kriteria kelas yang sama. Sampel yang terpilih adalah kelas X-ECP 1, X- ECP 2 dan X-3, yang mana setiap kelas terdiri dari 32 siswa, 34 siswa dan 36 siswa. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner digunakan untuk mengukur prokrastinasi dan regulasi diri sedangkan dokumentasi dari nilai raport digunakan untuk mengetahui nilai matematika siswa. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda sebagai metode untuk mengolah dan menganalisis data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Prokrastinasi tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Kediri. Dengan perolehan nilai t hitung 1,925 < 1,98472 t tabel. 2) Regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Kediri. Dengan perolehan nilai t hitung 3,065 > 1,98472 t tabel. 3) Prokrastinasi dan regulasi diri berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Kota Kediri. Hal ini terlihat pada output ANOVA yang memperoleh nilai F hitung 4,650 > 3,94 F tabel. Artinya, secara simultan prokrastinasi dan regulasi diri berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan dalam bidang pembelajaran matematika, yang mana berfokus pada kebutuhan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika melalui peningkatan regulasi diri dan meminimalisir prokrastinasi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Depositing User: | EMILIA ZURISTA PERMATA SARI |
Date Deposited: | 29 Sep 2025 02:48 |
Last Modified: | 29 Sep 2025 02:48 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |