Pengembangan Bahan Ajar Qawaid FlipBook Berbasis Teori Konstruktivisme Sosial Vygotski untuk Meningkatkan Pemahaman Qawaid di Kelas 7A MTS Da'watul Khoir

Khotimah, Lutviana Khusnul (2025) Pengembangan Bahan Ajar Qawaid FlipBook Berbasis Teori Konstruktivisme Sosial Vygotski untuk Meningkatkan Pemahaman Qawaid di Kelas 7A MTS Da'watul Khoir. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
21203080_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203080_bab1.pdf

Download (824kB)
[img] Text
21203080_bab2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
21203080_bab3.pdf

Download (910kB)
[img] Text
21203080_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
21203080_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
21203080_bab6.pdf

Download (534kB)
[img] Text
21203080_daftarpustaka.pdf

Download (693kB)
[img] Text
21203080_lampiran.pdf

Download (3MB)
[img] Text
21203080_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)

Abstract

Lutviana Khusnul Khotimah. Dosen Pembimbing Bagus Andrian Permata, M.Pd dan Sholeh Afiyyudin M.Pd. Pengembangan Bahan Ajar Qawaid FlipBook Berbasis Teori Konstruktivisme Sosial Vygotski untuk Meningkatkan Pemahaman Qawaid di Kelas 7A MTS Da'watul Khoir. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2025. Kata Kunci:Bahan Ajar, Flipbook, Qowaid, Teori Konstruktivisme Sosial, Lev Vygotsky Penelitian ini mengembangkan bahan ajar Qowaid berbasis Flipbook untuk pembelajaran Bahasa Arab kelas 7 di MTs Da'watul Khoir Kertosono. Penelitian dilatarbelakangi oleh keterbatasan media pembelajaran interaktif dalam pengajaran materi Qowaid (tata bahasa Arab) yang cenderung abstrak. Tujuan utama penelitian adalah: (1) menghasilkan media pembelajaran digital yang inovatif, (2) mengukur efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar, dan (3) mengevaluasi kelayakannya sebagai sumber belajar. Metode penelitian menggunakan pendekatan (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes (pre-test dan post-test), serta angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan uji N-Gain untuk mengukur peningkatan hasil belajar dan teknik validasi ahli untuk menilai kelayakan produk. Pengembangan produk mengintegrasikan prinsip Konstruktivisme Sosial Vygotsky melalui fitur kolaboratif dan scaffolding pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan: (1) peningkatan signifikan hasil belajar dengan nilai N-Gain 0.83 (kelompok kecil) dan 0.84 (kelompok besar) dalam kategori tinggi, (2) kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi (80-95%) dan ahli media (72-90%), serta (3) respon positif siswa terhadap fitur interaktif (80-85% setuju). Simpulan penelitian mengkonfirmasi bahwa pengembangan bahan ajar ini efektif meningkatkan pemahaman Qowaid dan layak diimplementasikan sebagai media pembelajaran digital yang inovatif. Produk ini berhasil menerapkan pembelajaran kolaboratif sesuai prinsip konstruktivisme sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing (Teknologi Pendidikan dan Komputasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: LUTVIANA KHUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 23 Sep 2025 04:43
Last Modified: 23 Sep 2025 04:43
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/19122

Actions (login required)

View Item View Item